4 Cara Menghilangkan Bau Kaki Tidak Sedap

Cara-Menghilangkan-Bau-Kaki-efektif

Bau pada kaki mungkin terjadi pada diri Anda ketika selalu menggunakan sepatu. Hal tersebut menjadi masalah besar ketika Anda melepas sepatu di tempat umum, seperti masjid. Bau yang tidak sedap akan datang dari kaki Anda dan tentu membuat rasa percaya diri menjadi menurun. Penyebabnya adalah keringat yang dihasilkan dari kaki yang tidak mendapatkan ventilasi udara yang cukup. Sehingga, menjadi tempat bakteri untuk berkembangbiak dengan cepat. Cara menghilangkan bau kaki menjadi sesuatu yang harus diketahui agar dapat menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Namun, tidak semua orang mengalami masalah bau kaki, ada beberapa pemicu yang menyebabkan kaki menjadi bau.

Beberapa Penyebab Bau Kaki

  1. Memakai sepatu dan kaos kaki sepanjang hari bisa menyebabkan kaki Anda menjadi lembap dan dapat memicu keringat sehingga timbul bakteri
  2. Terkena Infeksi Jamur
  3. Perubahan hormonal, contohnya pada ibu hamil
  4. Stress yang bisa memicu keringat
  5. Mengidap gangguan keringat yang berlebihan atau hiperhidrosis
  6. Tidak mengganti kaos kaki ataupun sepatu dengan waktu yang cukup lama atau selama berhari-hari

4 Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Tidak Sedap yang Mudah

Bau yang tidak sedap pada kaki setelah menggunakan sepatu, dapat dihilangkan dengan cara yang mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Adapun beberapa cara menghilangkan bau yang dapat Anda lakukan, antara lain:

1. Menggunakan Kopi pada Sepatu

Kopi memiliki aroma khas dan harum yang semerbak ketika diseduh. Manfaat lain dari kopi yaitu untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada kaki. Hal ini karena kandungan zat didalamnya, dapat efektif menyerap keringat yang muncul. Cara menghilangkan bau kaki dengan kopi yaitu menaburkannya secara langsung di sepatu atau membungkusnya dengan plastic silica.

2. Menggunakan Air Garam

Air hangat yang dicampur dengan menggunakan garam dimanfaatkan untuk merendam kaki Anda yang bau tak sedap. Garam akan menetralkan bau yang disebabkan oleh bakteri di kaki. Cara menghilangkan bau kaki menggunakan air garam, harus dilakukan setiap hari setelah selesai melakukan aktifitas sehari-hari. Bau pada kaki akan berangsur-angsur menghilang jika hal itu dilakukan secara teratur.

3. Merendam Kaki dengan Air Teh

Tidak hanya kopi yang mampu menghilangkan bau pada kaki, ternyata teh juga dapat efektif melakukannya. Sebelum Anda merendam dengan teh, kaki harus dibersihkan terlebih dahulu serta menyiapkan air hangat yang akan digunakan. Jika warna air sudah berubah, barulah Anda mencelupkan ke dalamnya. Cara menghilangkan bau kaki dengan teh, dapat dilakukan menjelang tidur pada malam hari, agar Anda merasa lebih rileks dan nyaman.

4. Baking Soda

Baking soda yang menjadi bahan tambahan dalam membuat kue ini efektif menghilangkan bau kaki. Bau keringat akan diserap dengan cepat jika menaburkannya pada sepatu atau membungkusnya dengan menggunakan kain. Cara menghilangkan bau kaki ini, tentu akan sangat mudah dilakukan dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Cara Menghindari Bau Kaki yang Tak Sedap

Jika ada cara untuk menghindarinya, tentu Anda akan melakukannya sebelum kaki berubah menjadi bau. Beberapa macam cara, memang dapat menghindarkan Anda dari hal tersebut. Adapun cara menghilangkan bau kaki menghindari bau kaki, antara lain:

1. Menggunakan Kaos Kaki dengan Bahan yang Menyerap Keringat

Keringat tidak hanya dihasilkan oleh bagian tubuh seperti ketiak. Namun, juga dihasilkan oleh kaki kita sehingga akan terasa lembab di dalam sepatu. Jika Anda menggunakannya setiap hari, ada baiknya jika menggunakan kaos kaki dengan bahan yang menyerap keringat. Ini cara menghilangkan bau kaki yang efektif karena keringat dengan cepat akan diserap dengan baik.

2. Rajin Mencuci Sepatu

Sepatu yang tidak pernah dicuci, akan menghasilkan bau yang tidak sedap. Mencuci sepatu yang digunakan secara rutin, akan menjadikan kaki Anda tidak berbau. Hal ini karena bakteri yang ada di dalamnya dapat mati bersamaan dengan sabun pencuci yang digunakan. Cara menghilangkan bau kaki dapat dengan mencuci sepatu minimal 2 minggu dalam satu kali.

3. Selalu Membersihkan Kaki dengan Sabun Setelah Beraktifitas

Sabun antiseptic sangat dianjurkan jika akan mencuci kaki Anda.Ini memang sangat sederhana, namun sangat sulit untuk dilakukan. Hampir semua orang malas untuk mencuci kaki setelah berpergian menggunakan sepatu. Padahal itu sangat penting dilakukan, karena akan berdampak pada kebersihan kaki Anda.

Cara menghilangkan bau kaki dan cara menghindarinya, akan menjadi solusi yang paling ampuh menghilangkan bau di kaki. Informasi ini dapat dijadikan referensi yang baik untuk dilakukan secara teratur dan untuk membiasakan perilaku hidup yang sehat.