4 Metode Cara Menghilangkan Keloid Secara Medis

Cara menghilangkan keloid. Apakah Anda tahu apa itu keloid? Ya, keloid merupakan bekas luka yang bisa menyebabkan kita merasa tidak percaya diri. Setiap orang tentu pernah mengalami luka yang bisa membekas di salah satu bagian tubuh. Akan tetapi bekas luka di area-area yang terlihat apalagi hingga menyebabkan keloid berupa kerutan berwarna kemerahan membuat setiap orang merasa tidak nyaman dan sangat risih. Namun, Anda tak perlu khawatir karena kami akan membahas cara mengatasi keloid dalam artikel kali ini.

Cara Menghilangkan Keloid Akibat Luka

Meskipun keloid tidak membahayakan tubuh, akan tetapi munculnya keloid ini membuat Anda akan merasa tidak nyaman ada bekas luka. Ukuran keloid itu sendiri tergantung dari besar kecil ukuran luka sebelumnya. Sehingga banyak orang yang ingin mengatasinya dengan berbagai cara menghilangkan keloid hingga menempuh jalan operasi. Timbulnya keloid itu sendiri bisa disebabkan oleh beberapa penyebab luka, seperti luka bekas cacar, luka bakar, luka bedah, luka karena goresan benda yang tajam, bekas suntik vaksinasi dan lain sebagainya. Baca artikel tentang Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Luka. Ada beberapa tips menghilangkan keloid berdasarkan ilmu medis yang perlu Anda ketahui berikut ini:

  1. Interferon

Interferon merupakan sebuah produksi protein yang berasal dari sistem imun tubuh untuk melawan tubuh dari berbagai macam ancaman bakteri, virus hingga bahaya lainnya yang menyerang tubuh sewaktu-waktu. Bahkan pasalnya, interferon ini sangat ampuh sebagai cara menghilangkan keloid dengan menyuntikkannya ke dalam tubuh. Hal ini juga bisa mengatasi keloid yang berukuran lebih besar. Pengobatan melalui interferon ini nyatanya belum bisa ditentukan seberapa lama efeknya akan terus berlangsung. Teknologi pengobatan keloid ini sebenarnya tetap berkembang dengan mencoba berbagai variasi, seperti menggunakan aldara atau Imiquiod topika yang bisa memicu tubuh memproduksi protein ini.

  1. Suntikan Cortisone

Cara menghilangkan keloid lainnya adalah suntikan cortisone. Metode suntikan kortison ini merupakan cara yang aman untuk mengatasi terjadinya keloid ini. Metode ini umumnya dilakukan per 1 bulan sekali pada pasien keloid untuk mendapatkan hasil yang optimal, sehingga keloid benar-benar hilang. Cara menghilangkan keloid tanpa operasi ini tergolong lebih aman, sebab dosis yang dipakai juga tidak banyak. Pasalnya, cara ini merupakan cara yang sangat ampuh untuk menghilangkan terjadinya keloid di bagian tubuh. Akan tetapi, efek samping dari penggunaan metode ini adalah bisa memicu timbulnya ruam-ruam merah. Jika melakukan suntikan secara rutin bisa membuat keloid lebih kecil. Meskipun begitu, tidak sepenuhnya bekas keloid hilang. Karena masih ada saja sedikit noda atau tekstur kulit yang agak kasar akibat bekas koloid tadi.

  1. Laser

Anda juga bisa menggunakan cara menghilangkan keloid dengan penggunaan laser agar keloid bisa teratasi. Selain itu, dengan cara ini juga bisa meminimalisir terjadinya ruam-ruam pada kulit. Jadi, Anda bisa menggunakan metode ini setelah metode suntikan tadi, sehingga bisa menghilangkan timbulnya keloid. Terapi laser juga termasuk aman digunakan, serta tidak membuat Anda kesakitan. Untuk melakukan terapi ini, Anda harus rela merogoh kocek dalam-dalam karena terbilang sangat mahal.

  1. Menggunakan metode silikon

Salah satu cara yang juga digunakan untuk menghilangkan keloid pada tubuh adalah dengan melakukan pengobatan menggunakan silikon. Dimana 1 lembar silikon ini akan diletakkan di bagian tubuh yang mengalami luka selama periode waktu tertentu. Untuk hasilnya sendiri akan bervariasi.

Nah, itulah 4 cara menghilangkan keloid melalui tindakan medis yang bisa Anda coba agar keloid bisa teratasi.