6 Cara Memperbanyak ASI Dengan Makanan Khusus

Air Susu Ibu atau ASI merupakan nutrisi yang harus diberikan kepada bayi. ASI memang sangat bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi. Tidak hanya itu, memberikan ASI secara eksklusif juga sangat menyehatkan untuk ibu. Pemberian ASI bisa menghindari ibu dari penyakit kanker payudara dan juga kanker ovarium yang sangat berbahaya. Oleh karena itu, ASI pada ibu harus keluar dengan maksimal untuk kesehatan ibu dan juga bayinya. Untuk para ibu yang ASInya tidak keluar, bisa menggunakan cara memperbanyak ASI secara alami dengan menggunakan makanan.

Makanan Untuk Cara Memperbanyak ASI

Cara memperbanyak produksi ASI pada ibu yang menyusui bisa dengan mengkonsumsi makanan khusus yang bisa membantu ASI ibu menjadi lancar dan juga banyak. Adapun makanan yang bisa digunakan untuk memperbanyak produksi ASI yaitu:

  1. Bayam

Sayuran hijau yang satu ini dipercaya merupakan cara memperbanyak ASI dengan cepat. Kandungan kalsium yang ada di dalam bayam sangat baik untuk membantu memproduksi ASI. Selain itu, kandungan asam folat, protein, B6, dan juga thiamin sangat bagus untuk memperbanyak produksi ASI pada ibu menyusui. Bayam ini bisa dijadikan sebagai menu sayur setiap harinya untuk para ibu menyusui.

  1. Bawang putih

Siapa yang sangka jenis bawang-bawangan ini juga menjadi salah satu makanan untuk cara memperbanyak produksi ASI. Di dalam bawang putih mengandung mineral yang baik untuk memproduksi ASI dalam jumlah banyak. Untuk ibu menyusui sangat dianjurkan untuk menggunakan bawang sebagai bumbu dalam setiap masakannya. Semakin banyak bawang putih yang digunakan, maka semakin cepat dan banyak ASI yang diproduksi.

  1. Ubi jalar

Jenis ubi-ubian yang berwarna ungu ini sangat baik untuk dijadikan makanan untuk memperbanyak ASI. Cara memperbanyak ASI dengan menggunakan ubi jalar ini sangat mudah, Anda ibu menyusui tinggal mengkonsumsinya secara rutin. Didalam ubi jalar berwarna kuning ini mengandung laktagogum yang bisa meningkatkan ASI dan juga mengandung zat besi serta karotenoid yang bisa membantu memperlancar ASI. Yang lebih bagusnya lagi dalam ubi jalar mengandung kalsium yang tinggi.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang digunakan untuk cara memperbanyak ASI bisa kacang-kacangan apapun. Misalnya saja kedelai, kacang merah, kacang panjang, dan juga berbagai jenis kacang-kacangan lainnya. Makanan jenis ini sangat kaya akan protein yang bisa membantu memperlancar ASI, terutama kacang almond. Kacang ini bisa dijadikan camilan ibu menyusui agar ASI menjadi lancar.

  1. Biji Wijen hitam

Masker biji wijen hitam dan campuran kencur merupakan salah satu cara memperbanyak ASI. Dalam wijen hitam mengandung kalsium yang banyak dan bisa membantu mengeluarkan ASI secara lancar dari payudara ibu. Cara menggunakan masker ini juga cukup mudah, oleskan pada sekitar payudara sambil dipijit. Lakukan setiap hari agar ASI semakin lancar.

  1. Daun katuk

Cara memperbanyak produksi ASI yang paling efektif yaitu dengan menggunakan daun katuk. Daun ini bisa dijadikan sayur bening dan dikonsumsi oleh ibu menyusui setiap harinya untuk memperbanyak produksi ASI. Didalam daun katuk mengandung polifenol dan juga steroid yang bisa meningkatkan prolaktin. Kadar prolaktin yang meningkat bisa membantu produksi hormon penghasil ASI semakin meningkat.

Dengan mengkonsumsi makanan tersebut diatas, bisa jadi produksi ASI ibu bisa semakin berlimpah. Cara memperbanyak ASI ini bisa dipilih salah satu ataupun semuanya bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui. Berlimpahnya produksi ASI tentu saja bisa membantu ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif pada bayinya. Terlebih untuk ibu yang mempunyai anak kembar tentu saja membutuhkan ASI yang berlimpah. Makanan diatas selain bisa membantu produksi ASI juga bisa memenuhi nutrisi ibu menyusui. Dengan begitu, kesehatan ibu menyusui bisa terus terjaga. Selain dengan banyak mengkonsumsi makanan diatas, Anda juga harus mengimbangi dengan banyak makan buah dan juga sayuran hijau yang sangat menyehatkan.