6 Cara Mengatasi Anemia Berat dengan Cepat

Anemia merupakan gangguan sistem peredaran darah atau yang sering disebut dengan kekurangan hemoglobin atau sel darah merah. Kekurang hemoglobin ini bisa berakibat fatal pada tubuh. Kekurangan hemoglobin ini bisa disebabkan oleh rusaknya sel darah merah ataupun banyak mengeluarkan darah. Biasanya penderita anemia didominasi oleh wanita. Hal ini disebabkan wanita setiap bulannya pasti mengeluarkan darah haid. Cara mengatasi anemia tidak harus menggunakan obat kimia tapi juga bisa menggunakan bahan-bahan alami.

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi anemia, Anda juga perlu untuk mengetahui gejala dari anemia. Gejala anemia yang bisa dikenali dengan mudah yaitu 5 L yang merupakan singkatan dari mudah lelah, letih, lunglai, lesu, dan lemah. Jika Anda merasakan hal yang seperti ini bisa dikatakan Anda terkena anemia. Anemia berat terjadi jika semua tanda-tanda dari 5L ini sudah dialami dan tidak bisa teratasi dengan baik.

Makanan Sebagai Cara Mengatasi Anemia

Cara mengatasi anemia bisa dengan mengkonsumsi makanan tertentu yang bisa meningkatkan hemoglobin di dalam darah. Mengkonsumsi makanan inilah cara cepat mengatasi anemia berat yang diderita baik pria maupun wanita. Berikut beberapa makan untuk mengatasi anemia.

  1. Telur

Kandungan protein yang ada di dalam telur sangat baik untuk membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi telur rebus untuk meningkatkan kadar sel darah merah. Merebusnya juga berbeda yaitu dengan mencampur air rebusan dan kulit bawang merah selama 30 menit sampai telur matang kemudian angkat dan tiriskan. Selain menambah cita rasa, kulit bawang merah juga bisa menambah protein yang ada dalam telur.

  1. Hati ayam

Cara cepat mengatasi anemia juga bisa menggunakan hati ayam. Hati ayam sangat baik untuk mengatasi anemia dan memberikan stamina yang lebih. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa rebus hati ayam yang sudah ditambahkan angco. Selain direbus, hati ayam juga bisa diolah dengan cara di tim. Konsumsi dua kali sehari untuk mengatasi anemia yang diderita.

  1. Daging

Mengkonsumsi daging juga bisa dijadikan cara mengatasi anemia yang sangat ampuh. Daging yang segar banyak sekali mengandung protein yang bisa meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah. Selain itu, daging juga bisa membantu mengatasi sel darah merah yang rusak. Jenis daging yang sangat dianjurkan adalah daging kambing. Dibandingkan daging sapi daging kambing, lebih kaya protein.

  1. Bawang Merah

Bawang merah selain dicampur dengan telur juga bisa dijadikan ramuan tersendiri untuk mengatasi anemia. Caranya yaitu rebus daun bawang merah seberat 60 gram yang dicampur dengan 1 butir kuning telur. Kemudian minum ramuan tersebut setiap hari dua kali.

  1. Sayuran hijau

Cara mengatasi anemia juga bisa dengan banyak mengkonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau sangat baik untuk kesehatan terutama untuk mengatasi anemia. Jenis sayuran yang sangat dianjurkan untuk para penderita anemia yaitu seledri, bayam, kentang, kangkung, dan kembang kol. Selain bisa mengatasi anemia, sayuran hijau ini juga bisa membantu mengontrol berat badan Anda.

  1. Kacang Almond

Jenis kacang-kacangan memang sangat dianjurkan untuk mengatasi anemia. Salah satunya yaitu kacang almond. Di dalam kacang almond ini kaya akan zat besi yang baik untuk meningkatkan aliran dalam darah. Dengan demikian aliran pada darah bisa lancar dan anemia yang diderita bisa teratasi dengan cepat. Baca juga tips cara menghilangkan ngantuk.

Cara mengatasi anemia diatas sangat mudah bukan? Hanya dengan mengkonsumsi makanan tertentu saja anemia sudah bisa teratasi dengan cepat dan baik. Kandungan mineral yang baik dalam semua bahan makanan diatas memang sangat ampuh untuk mengatasi anemia dengan cepat. Bisa dikatakan makanan diatas bisa mengatasi anemia dengan cepat. Selain itu, penderita anemia juga harus beristirahat cukup agar tidak mengalami kelelahan yang sangat berat.