Bagaimana Cara Menyembuhkan Mata Minus?

Mata merupakan hal penting dalam kehidupan kita, karenanya kita perlu menjaganya agar mata tidak mengalami gangguan, sehingga penglihatan berkurang. Mata bisa mengalami beberapa gangguan yang penyebabnya bisa beragam. Adapun salah satu gangguan mata adalah mata minus. Orang yang memiliki gangguan mata ini, tidak bisa melihat dengan jelas pada jarak jauh, sehingga harus menggunakan bantuan kaca mata minus. Lalu, bagaimana cara menyembuhkan mata minus? Ada beberapa cara menyembuhkan mata minus yang bisa Anda lakukan dengan cara alami, sehingga Anda tidak perlu takut dengan efek samping yang mungkin terjadi.

Cara Menyembuhkan Mata Minus dan Penyebabnya

Beberapa hal yang menyebabkan mata minus sebenarnya tidak terlepas dari diri kita sendiri. Adapun penyebabnya adalah sebagai berikut:

  1. Pola hidup yang kurang baik

Terlalu sering melihat obyek dengan jarak dekat bisa menyebabkan mata minus. Misalnya membaca buku terlalu dekat bahkan sambil tiduran, duduk di depan layar monitor dalam waktu yang lama, dan juga penggunaan gadget yang terlalu lama. Hal ini membawa dampak tidak baik bagi mata karena sudah terbiasa dengan melihat pada jarak pandang dekat maka otot mata menjadi terbiasa bekerja seperti itu. Salah satu cara menyembuhkan mata minus adalah dengan melatih mata untuk bekerja secara normal, dengan sering-sering melihat obyek jauh agar otot mata dapat bekerja secara maksimal.

Dengan memandang gunung, bukit atau sawah dapat mengurangi mata minus karena tempat-tempat tersebut memiliki sudut pandang yang jauh. Selain itu, warna hijau dapat memberikan kesan segar pada mata Anda. Lakukan hal ini setiap hari setiap kali Anda selesai berhadapan dengan komputer, gadget, TV atau membaca buku, maka mata akan terasa segar kembali. Selain itu, sebaiknya beranjaklah dari tempat duduk dan amati benda jauh saat Anda sedang berada di depan komputer dan sering-seringlah berkedip untuk mengatasi mata kering.

Cara menyembuhkan mata minus yang lain adalah dengan melatih mata untuk melihat benda bergerak yang ada disekitar Anda. Benda-benda yang bisa Anda lihat misalnya lalu-lalang orang, mengamati mobil dan motor yang sedang berjalan. Perhatikan setiap gerakannya, hal ini adalah upaya mengurangi mata minus dengan cara lain.

  1. Kurang istirahat

Kurang istirahat juga dapat menyebabkan mata minus, hal ini disebabkan kerja mata terforsir. Sehingga menyebabkan mata lelah. Anda harus mulai mengurangi duduk didepan komputer terlalu lama dan sebaiknya melakukan istirahat yang cukup agar mata bisa kembali bekerja secara maksimal, ini merupakan cara menyembuhkan mata minus yang dapat Anda latih setiap hari.

  1. Pola makan kurang baik

Makanan juga bisa menjadi salah satu penyebab mata minus. Sebaiknya Anda membiasakan makan-makanan yang memiliki manfaat bagus untuk mata, seperti memperbanyak buah dan sayur yang mengandung betakaroten dan vitamin A. Upaya lain yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi mata minus adalah dengan melakukan terapi. Beberapa macam terapi bisa Anda lakukan tanpa membutuhkan banyak biaya.

a. Terapi matahari

Caranya yaitu, duduklah menghadap matahari terbit selama 5 menit setiap hari dengan posisi mata terpejam, dan kembali menatap matahari dengan cara yang sama saat matahari mulai tenggelam.

b. Dengan menggunakan daun sirih

Cara menyembuhkan mata minus yang lain adalah dengan menggunakan daun sirih. Cuci bersih dua lembar daun sirih dan tempelkan pada mata setiap kali akan tidur.

c. Terapi lilin

Cara menyembuhkan mata dengan lilin yaitu, nyalakan lilin kemudian tataplah lilin, jangan berkedip sehingga akan keluar banyak air mata.

Nah, beberapa langkah diatas adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata minus. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal. Cara menyembuhkan mata minus ini dapat Anda lakukan dimana saja sehingga sangat praktis. Selamat mencoba.