Cara Meluruskan Rambut Dengan Bahan Alami

Rambut lurus sering dijadikan sebagai frase dalam sastra yang menggambarkan wanita yang cantik. Dengan seringnya rambut lurus diidentikkan dengan wanita cantik, maka timbullah trend rebonding rambut atau smoothing rambut. Tujuannya adalah untuk mendapatkan cara meluruskan rambut. Padahal penggunaan bahan kimia yang digunakan dalam proses rebonding atau smoothing dapat merusak rambut dan menjadikannya patah atau rontok jika tidak dirawat dengan baik. Baca Cara Mengatasi Rambut Rontok Yang Ampuh.

Cara Meluruskan Rambut Untuk Mendapatkan Rambut Lurus Alami

Setiap wanita pasti menginginkan rambut yang lurus untuk menambah daya tarik dalam berpenampilan. Ditunjang dengan kilau rambut hitam akan menambah nilai plus dalam berpenampilan. Namun tidak semua wanita diciptakan memiliki rambut lurus alami. Beberapa wanita mencoba teknik meluruskan rambut dengan menggunakan metode rebonding atau smoothing, padahal kedua teknik tersebut menggunakan bahan kimia yang dapat merusak rambut.

Rambut yang diluruskan dengan menggunakan teknik rebonding atau smoothing sebagai cara meluruskan rambut secara cepat memerlukan perawatan yang ekstra pasca melakukan proses tersebut. Jika rambut hasil rebonding atau smoothing tidak dirawat maka akibatnya adalah rambut menjadi rusak, gampang patah dan mengalami kerontokan. Hal itu dibebankan bahan kimia keras yang digunakan untuk meluruskan rambut.

Padahal ada cara meluruskan rambut yang bisa diaplikasikan hanya dengan menggunakan bahan alami. Tips meluruskan rambut dengan menggunakan bahan alami telah dipercaya secara turun temurun untuk membuat rambut tampak lebih lurus secara alami. Beberapa bahan tersebut bahkan dapat ditemui dengan mudah karena menggunakan bahan alam yang sederhana dan kerap ditemui.

Berikut beberapa cara meluruskan rambut menggunakan bahan alami yang dapat dipraktekkan di rumah, diantaranya adalah:

  1. Ramuan pepaya dan pisang

Dua jenis buah yang murah meriah ini ternyata bisa digunakan sebagai bahan meluruskan rambut.  Buah yang banyak terdapat di pasaran ini ternyata bermanfaat dalam kesehatan rambut khususnya dalam meluruskan rambut. Cara meluruskan rambut menggunakan buah pepaya dan pisang ini cukup mudah.

Caranya adalah dengan melumat halus pepaya dan pisang yang telah masak ke dalam sebuah mangkok. Setelah halus dapat dicampurkan sekitar 2 sendok madu dalam lumatan buah tersebut dan oleskan pada rambut. Kemudian tunggu sampai ramuan tersebut kering pada rambut kemudian bilas menggunakan air.

Dengan rutin melakukan masker rambut menggunakan pepaya dan pisang rambut akan menjadi lurus alami tanpa proses kimia.

  1. Santan kelapa dan jeruk nipis

Ramuan yang menggunakan campuran santan kelapa dan jeruk nipis juga dipercaya dapat meluruskan rambut secara alami. Caranya adalah dengan mencampurkan 1:1 antara santan dengan jeruk nipis. Misal satu gelas santan dicampur satu gelas air jeruk nipis, campuran ini kemudian disimpan didalam lemari pendingin sampai ramuan ini menjadi sebuah krim.

Krim tersebut dioleskan ke rambut secara merata dan tutuplah dengan handuk yang telah dipanaskan. Diamkan selama 1 jam lalu bilas menggunakan air bersih. Jika cara ini dilakukan secara rutin, maka rambut akan menjadi tampak lurus secara alami.

  1. Seledri

Menggunakan seledri untuk meluruskan rambut sangat mudah. Caranya adalah dengan menghaluskan seledri kemudian campurkan dengan air lalu peras. Perasan air seledri tersebut dimasukkan ke dalam botol minimal 1 malam. Ramuan ini digunakan sebagai bahan creambath pada rambut.

Cara meluruskan rambut dengan bahan alami akan membutuhkan proses yang lebih lama dibanding rebonding. Namun penggunaan bahan alami tidak memberikan efek negatif pada rambut justru akan menyehatkan rambut dan membuat rambut berkilau.