Cara Membersihkan Jerawat Secara Menyeluruh

Cara Membersihkan Jerawat – Banyak orang yang masih salah dalam melakukan cara untuk membersihkan jerawat. Artikel ini berisi tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan jerawat yang sedang bersarang di wajah Anda dan mencegahnya agar tidak bertambah parah.

Cara Membersihkan Jerawat dengan Ampuh

1. Menggunakan jeruk nipis

Meskipun asam, jeruk nipis telah tersohor sebagai bahan alami yang berguna untuk membersihkan jerawat di wajah Anda. Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang mampu menyehatkan kulit dan membantu proses regenerasi sel di wajah sehingga jerawat lebih mudah hilang dan wajah tampak lebih cerah. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda lakukan dalam mengolah jeruk nipis, berikut beberapa cara membersihkan jerawat dengan jeruk nipis:

  • Belah jeruk nipis dan peras airnya. Masukkan perasan jeruk yang telah Anda hasilkan ke dalam air hangat. Setelah itu, gunakan air campuran tersebut sebagai air untuk membasuh wajah. Gosok-gosok wajah secara perlahan dengan tangan sampai terasa bersih. Pastikan tangan Anda memang sudah steril sebelum menggosok-gosok wajah.
  • Peras jeruk nipis, kemudian campurkan satu sendok makan air perasannya dengan satu sendok madu. Aduk merata dan oleskan di wajah sebagai masker. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih sampai wajah Anda terasa benar-benar bersih.
  • Belah jeruk nipis dengan tingkat kematangan yang sedang menjadi dua bagian. Oleskan setengah bagian tersebut ke bagian wajah yang berjerawat. Bisa dipastikan bahwa Anda akan merasakan perih, akan tetapi rasa perih itulah yang menunjukkan bahwa vitamin C sedang bekerja dalam membersihkan jerawat.

Cara-Membersihkan-Jerawat-ampuh

2. Menggunakan lidah buaya

Ada beberapa cara membersihkan jerawat dengan lidah buaya yang bisa Anda lakukan. Lidah buaya bisa dijadikan minuman atau dijadikan masker untuk dibalurkan ke seluruh bagian wajah. Pada dasarnya, lidah buaya memang terkenal dengan kandungan zatnya yang baik untuk kesehatan. Zat-zat tersebut antara lain adalah magnesium laktat yang mampu berperan sebagai penghilang gatal di jerawat yang meradang, zat anti-jamur yang mampu mengurangi peradangan jerawat, asam salisilat yang bisa mengurangi komedo, antrakuinon yang berperan menyembuhkan luka yang disebabkan jerawat, dan lain sebagainya. Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan dalam mengonsumsi lidah buaya (aloe vera):

  • Kupas lidah buaya dan ambil daging bagian dalamnya. Kemudian, bersihkan wajah dengan air dan keringkan menggunakan handuk yang lembut. Tumbuk daging lidah buaya tadi sampai halus dan oleskan ke seluruh bagian wajah yang berjerawat. Diamkan 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Lakukan kegiatan ini setiap pagi dan malam sampai peradangan jerawat Anda berkurang.
  • Pilih lidah buaya yang warnanya hijau tua dan berdaging tebal terlebih dahulu, kemudian cuci bersih. Kupas lidah buaya dan ambil daging bagian dalamnya, potong kecil-kecil, kemudian cuci kembali sampai lendirnya bisa benar-benar hilang. Rebus potongan daging tersebut dalam air mendidih selama 10 menit, berikan sedikit perasan jeruk nipis, angkat dan tiriskan. Selanjutnya, rendam kembali potongan daging itu dalam air matang dan tambahkan gula sesuai preferensi Anda. Air lidah buaya bisa didinginkan untuk menambah kelezatan. Minum air lidah buaya ini setiap hari untuk hasil maksimal.

Tips-tips di atas jika dilakukan secara tepat dan rutin akan menjadi cara membersihkan jerawat dan bekasnya yang ampuh. Jangan lupa untuk tidur cukup, makan sayur dan buah, serta minum air putih minimal delapan gelas sehari agar jerawat di wajah bisa cepat hilang. Penggunaan obat jerawat mungkin bisa dijadikan cara membersihkan jerawat dengan mudah, akan tetapi efek samping bisa diminimalisir dengan penggunaan bahan-bahan alami. Baca juga artikel kami sebelumnya tentangĀ Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Madu.