Cara Membuat Bolu Kukus Lembut Sederhana

Anda bisa menghidangkan bolu kukus saat ingin menerima tamu dengan cara membuat bolu kukus sendiri. Resep yang diberikan sangat mudah dan bahan-bahannya pun tidak terlalu banyak. Bolu kukus juga pasti disukai okeh buah hati Anda. Berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan:

Bahan bolu kukus:

  • Tepung terigu (251 gr)
  • Telur (2 butir)
  • Soda (150 ml)
  • Ovalet (1 sdt)
  • Gula pasir (226 gr)
  • Pewarna makanan (2 jenis warna)

Cara membuat bolu kukus:

  1. Siapkan mixer dan kocoklah telur kemudian tambahkan gula. Kocok kembali hingga rata selama 30 menit, baru masukkan ovalet. Anda bisa menggunakan mixer otomatis untuk mempermudah pekerjaan.
  2. Siapkan cetakan bolu kukus, kemudian beri kertas bolu ke dalam cetakan satu per satu.
  3. Setelah 30 menit, tambahkan soda ke dalam adonan, setelah itu kocok kembali selama kurang lebih 3 menit.
  4. Masukkan tepung terigu ke dalam adonan roti, namun tepung terigu perlu diayak agar proses cara membuat bolu kukus sederhana ini bisa lebih mudah karena terigu sudah halus. Gunakan spatula untuk mengaduk adonan bolu hingga rata.
  5. Bagi adonan ke dalam tiga wadah berbeda dengan takaran yang sama. Tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan bolu yang sudah dipisah, namun untuk warna putih nanti tidak perlu diberi pewarna makanan. Takaran pewarna makanan cukup 1 tetes saja masing-masing.
  6. Masukkan adonan bolu kukus ke dalam cetakan bolu kukus, untuk mendapatkan warna yang berbeda-beda dan seperti pelangi di hasil akhir nanti maka saat memasukkan adonan bolu kukus perlu diselang-seling.
  7. Siapkan kompor untuk mulai mengukus adonan yang sudah selesai dituang ke dalam cetakan bolu. Setelah itu, masukkan adonan bolu kukus dan kukuslah sampai matang kira-kira 15 menit saja.

Berikut ada beberapa cara membuat bolu kukus mekar yang bisa dicoba:

  1. Saat memilih atau menggunakan soda, pastikan yang dipakai adalah soda yang belum pernah dibuka karena soda berperan penting untuk membuat bolu kukus mekar nantinya.
  2. Saat mengocok adonan menggunakan mixer otomatis, gunakanlah kecepatan tinggi karena hal ini akan mempengaruhi adonan supaya bisa mekar secara maksimal.
  3. Saat ingin mengukus, bungkus pengukus dengan kain bersih atau bisa gunakan kain serbet agar nanti air dari uap tidak menetes ke adonan, karena bila terjadi akan membuat adonan menjadi tidak bisa mekar maksimal.
  4. Sekali-kali jangan membuka tutup kukusan jika waktu pengukusan yang sudah ditentukan belum selesai.
  5. Pakai cetakan bolu kukus yang berlubang untuk memudahkan penguapan ke bolu kukus. Satu hal lagi, atur agar kukusan memiliki temperatur panas agar hasil kukusan bisa mekar sempurna.

Itulah beberapa cara membuat bolu kukus beserta tipsnya agar bisa mekar secara sempurna.