Cara Membuat Coklat Valentine dan Lollipop

Di waktu Valentine pastilah Anda perlu mencoba resep cara membuat coklat Valentine dan coklat Lollipop yang dapat dihadiahkan ke mereka yang disayangi. Berikut ada dua resep yang akan dibagikan, yaitu resep coklat Valentine yang sederhana serta resep coklat lollipop. Berikut bahan-bahan yang perlu untuk dipersiapkan.

Resep Coklat Valentine

Bahan membuat coklat Valentine:

  • Dark chocolate, tapi jangan gunakan yang sudah diolah seperti merek-merek Silverqueen, Delfi, dst.
  • Cetakan coklat
  • Pewarna makanan

Cara membuat coklat Valentine:

  1. Potong-potong dark chocolate menjadi kecil-kecil agar nanti dapat dilelehkan dengan mudah. Setelah itu siapkan panci berisi air.
  2. Taruh potongan-potongan coklat tadi ke dalam wadah stainless steel dan lelehkan coklat di atas air mendidih yang sudah disiapkan sebelumnya menggunakan panci. Hati-hati saat melelehkan coklat karena jangan sampai kemasukan air.
  3. Pastikan coklat sudah meleleh secara keseluruhan, baru bisa ditambahkan pewarna makanan seperti warna pink, oranye, ataupun tetap berwarna coklat tanpa bahan pewarna. Aduk coklat tersebut sampai rata dan berubah warna.
  4. Cara membuat coklat praline dengan menyiapkan cetakan dan tuangkan adonan coklat tersebut ke dalamnya. Bekukan coklat di freezer dan tunggu beberapa jam sampai coklat membeku.
  5. Setelah coklat membeku, keluarkan dari cetakan dan Anda bisa berkreasi dengan memberikan berbagai macam taburan seperti kacang atau wijen. Sajikan coklat dengan disusun secara rapi.

Itulah langkah-langkah membuat coklat yang sangat mudah, Anda juga dapat mengisi coklat dengan kacang mete ataupun biskuit agar lebih enak.

Resep Coklat Lollipop

Bahan membuat coklat lollipop:

  • Cokelat compound (1 kg)
  • Cetakan coklat lollipop
  • Batang lollipop
  • Pita kawat
  • Plastik segitiga
  • Plastik untuk membungkus coklat

Cara membuat coklat lollipop:

  1. Potong-potong batang coklat terlebih dahulu, kemudian masukkan ke dalam panci. Lelehkan coklat di atas air mendidih sambil diaduk-aduk.
  2. Jika mau beri pewarna makanan (optional) dengan menggunakan plastik segitiga yang sudah dipotong ujungnya.
  3. Setelah itu tuang coklat perlahan ke atas cetakan secara perlahan, gunakan plastic segitiga untuk mengkreasikan warna pada coklat.
  4. Berikan batang lollipop satu per satu ke coklat, kemudian simpan coklat ke dalam freezer dan tunggu sampai coklat membeku.
  5. Setelah coklat membeku, lepaskan perlahan dari cetakan dan bungkus coklat dengan plastic pembungkus dan ikat dengan pita kawat.

Sebagai tips, saat memasang batang coklat sebaiknya diganjal dengan benda yang sama tingginya dengan batang lollipop agar nanti batangnya tidak keluar dari cetakan sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Untuk itu, tunggu hingga coklat agak mengeras kemudian baru masukkan coklat ke dalam freezer. Itulah beberapa cara membuat coklat baik Valentine maupun yang model lollipop.