Cara Membuat Opor Ayam Jawa yang Lezat

Opor ayam adalah makanan tradisional Indonesia yang digemari oleh seluruh kalangan masyarakat. Makanan yang menjadi menu wajib saat lebaran ini memiliki cita rasa yang gurih dan khas rempah Indonesia. Setiap daerah mempunyai ciri khas opor ayam yang berbeda, sehingga membuat banyak jenis opor ayam yang cukup terkenal. Opor ayam yang cukup terkenal adalah opor ayam Jawa dan opor ayam Betawi. Namun, kali ini kita akan berbagi info bagaimana cara membuat opor ayam khas Jawa yang lezat.

Cara Membuat Opor Ayam Jawa Lezat dan Sederhana

Cara membuat opor ayam Jawa bukanlah hal yang sulit. Opor ayam Jawa memiliki kuah yang kental dan warnanya kuning. Biasanya dimakan dengan lontong atau ketupat dan sambal kacang. Rasa opor ayam ini benar-benar lezat dan gurih, sehingga sangat menggiurkan. Makanan ini meskipun tergolong makanan yang berat, namun masih tergolong dalam masakan rumahan yang biasa dibuat kapanpun tanpa harus menunggu moment tertentu. Udah nggak sabar ya? Ingin tahu apa resep dan bagaimana cara membuat opor ayam tersebut? Siapkan dulu bahan-bahannya.

Masakan ini adalah masakan yang bercita rasa asli Indonesia yang tentu saja banyak menggunakan bumbu rempah asli Indonesia. Namun Anda tidak perlu khawatir karena bahan dan bumbu yang diperlukan ini mudah didapatkan. Inilah daftar bahan dan bumbu yang Anda butuhkan dalam tips cara membuat opor ayam dari kami.

Bahan-bahan:

  1. Daging ayam 1 kg
  2. Santan kelapa 400 cc
  3. Daun salam 2 lembar
  4. Serai 3 batang
  5. Minyak untuk menumis secukupnya
  6. Gula, garam, secukupnya
  7. Penyedap rasa bila menghendaki
  8. Air 2 gelas

Selain bahan dan bumbu di atas, ada pula bumbu yang perlu dihaluskan dalam resep dan cara membuat opor ayam Jawa, yang terdiri dari:

  1. Bawang merah 6 butir
  2. Bawang merah 4 siung
  3. Kemiri 7 butir
  4. Ketumbar 1 sdt
  5. Merica 1 sdt
  6. Pala ½ sdt
  7. Jahe dan lengkuas masing-masing 4 cm
  8. Kunyit 3 cm

Apabila semua bahan sudah disiapkan, maka Anda akan mulai untuk memasak. Perhatikan tips cara membuat opor ayam dari kami dengan baik supaya Anda tidak bingung. Oke, nggak usah panjang lebar lagi inilah caranya:

  1. Potong daging ayam kecil-kecil menjadi 15 potong.
  2. Cuci sampai bersih daging ayam tersebut, lalu rebus dengan air mendidih sebentar.
  3. Cara membuat opor ayam Jawa selanjutnya panaskan wajan, tuangkan minyak, lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum baunya. Masukkan juga daun salam dan serai, sampai layu. Jangan lupa untuk memberi gula, garam, ataupun penyedap rasa secukupnya.
  4. Langkah selanjutnya adalah memasukkan daging yang telah di rebus ke dalam bumbu. Masak sekitar 10 menit
  5. Tuangkan santan dan air, kemudian masak hingga santan mendidih dan mulai menyusut. Sampai di sini cara membuat opor ayam sudah hampir selesai.
  6. Setelah masak, opor ayam Jawa siap dihidangkan dengan ketupat. Taburi bawang goreng di atasnya supaya lebih gurih.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Ternyata opor ayam memang bukan menu masakan berat yang susah dimasak kan? Jadi, nggak perlu ada alasan lagi untuk malas membuatnya. Menikmati opor ayam nggak harus saat lebaran atau ada acara keluarga kok, Anda bisa membuatnya setiap Anda mau. Itulah resep dan cara membuat opor ayam yang dapat kami bagikan. Terima kasih sudah berkunjung. Baca juga artikel sebelumnya tentang cara membuat nasi goreng jawa dan ikan asin.