Cara Mengatasi Diare dengan Cara yang Alami

Diare merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan pencernaan pada tubuh. Gangguan pencernaan yang biasa disebut mencret oleh masyarakat umum berupa feses yang berbentuk cair dan berlangsung selama beberapa kali dalam sehari. Diare dapat membuat cairan di dalam tubuh menjadi berkurang yang menyebabkan penderitanya merasa lemas. Dan dapat berakibat fatal jika tidak diobati dengan segera. Cara mengatasi diare yang tepat akan mengurangi dan menghentikan gejala dan proses diare yang menyiksa.

Penyebab dan Cara Mengatasi Diare

Diare sebenarnya bukan termasuk penyakit yang berbahaya, namun jika diare terjadi terus menerus tanpa ada indikasi akan berhenti, maka diare tersebut dapat diwaspadai. Karena beberapa kasus diare dapat menjadi salah satu penyebab kematian yang terjadi pada bayi dan balita. Hal tersebut dikarenakan bayi dan balita mengalami kekurangan cairan yang akut.

Penyebab diare bisa disebabkan oleh berbagai factor, diantaranya seperti makanan yang terlalu pedas, makanan yang terlalu pedas, makanan yang tidak terjaga kebersihannya sehingga makanan mengandung kuman atau bakteri yang bisa menyebabkan diare. Selain itu, mengkonsumsi vitamin C dalam dosis yang terlalu tinggi juga bisa menjadi salah satu penyebab penyakit diare.

Cara mengatasi diare merupakan salah satu hal yang harus segera dilakukan untuk menghentikan gejala dari diare agar segera berhenti. Obat penyakit diare sebenarnya bisa menggunakan obat diare yang ada dalam iklan komersial di televisi. Namun, alangkah baiknya jika diare diobati dengan cara yang lebih alami dengan menggunakan bahan-bahan alami. Selain lebih sehat dan aman, bahan alami tersebut memiliki khasiat yang ampuh dalam menghentikan diare.

Obat diare secara alami yang bisa digunakan dalam cara mengatasi diare diantaranya adalah:

  1. Ganti cairan dengan minum air putih yang banyak

Ketika mengalami diare, agar tidak terlalu kehilangan cairan terlalu banyak, cara mengatasi diare untuk pengobatan pertama sekali adalah minum air putih dengan jumlah yang banyak. Air putih ini dapat menggantikan cairan yang telah berkurang akibat diare yang terjadi secara terus menerus.

Selain air putih, larutan oralit bisa digunakan untuk menghentikan dan menggantikan cairan tubuh akibat diare. Caranya adalah dengan mencampurkan gula dan garam ke dalam segelas air hangat dan diminumkan pada penderita diare.

  1. Hindari makanan berserat

Ketika diare, lebih baik untuk menghindari makanan yang berserat seperti buah dan sayur. Hal ini untuk menambah efek diare menjadi semakin parah. Jika hendak mengkonsumsi buah, buah salak adalah pilihan tepat sebagai cara mengatasi diare karena tidak mengandung cairan.

  1. Minum cuka apel

Cuka apel tidak hanya memiliki manfaat dalam kesehatan tubuh. Cuka apel ternyata dapat membantu dalam menghentikan diare. Caranya adalah mencampurkan beberapa tetes cuka apel ke dalam segelas air hangat. Anda bisa mengkonsumsi sebagai obat alami penyakit diare.

  1. Hindari minuman yang mengandung susu

Hindari mengkonsumsi susu pada saat diare, hal ini akan memperburuk kondisi penderita diare. Jika hendak mengkonsumsi susu, lebih baik konsumsi susu yoghurt. Yoghurt mengandung bakteri baik untuk pencernaan sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diare.

Demikianlah beberapa cara mengatasi diare dengan cara yang alami. Anda dapat menggunakan cara tersebut sebagai pertolongan pertama. Namun, jika gejala diare tidak berkurang setelah minum obat alami diare, Anda bisa merujuk penderita diare ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk tindakan lebih lanjut.  Selamat mencoba.