Cara Mengatasi Mimisan yang Benar Pada Anak dan Dewasa

Mimisan bisa disebabkan banyak hal dan untuk itu Anda harus tahu cara mengatasi mimisan sebagai pertolongan awal, apalagi jika Anak Anda yang sedang mimisan. Untuk mengatasi mimisan sendiri caranya sangat sederhana dan harus dilakukan segera saat itu juga sebelum bertambah parah.

Penyebab Hidung Mimisan

Sebelum kita membahas cara mengatasi mimisan di hidung, ada banyak penyebab mengapa hidung bisa tiba-tiba mimisan, sebagai berikut:

  • Cuaca panas: Ketika cuaca sedang panas maka hidung akan kering dan kelembaban hilang, hal ini memicu terjadinya iritasi pada hidung dan akhirnya bisa mimisan.
  • Trauma: Mimisan bisa disebabkan karena trauma ringan, contohnya bersin atau mengeluarkan ingus terlalu keras, benturan ringan, mengorek hidung, dan sebagainya. Atau karena trauma hebat seperti kecelakaan, jatuh, atau kena pukulan. Selain alasan tersebut bisa juga dikarenakan trauma setelah pembedahan atau hidung yang kemasukan benda asing.
  • Alergi: Seseorang bisa memiliki alergi terhadap sesuatu yang menyebabkan pembuluh kapiler terbuka dan akhirnya mengeluarkan darah dari hidung.
  • Hipertensi: Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan mimisan apalagi bagi ibu yang sedang hamil. Untuk alasan ini sebaiknya segera pergi ke dokter dan konsultasikan.
  • Gejala penyakit tertentu: Mimisan yang dialami mungkin hanya salah satu gejala penyakit tertentu seperti kanker darah atau leukemia. Umumnya, sudah ada obat untuk mengendalikan mimisan bagi penderita penyakit tersebut, tetapi jika mimisan tak kunjung berhenti bahkan sampai muntah darah sebaiknya segera cek ke dokter.
  • Tumor: Mimisan bisa disebabkan oleh tumor di rongga hidung yang juga disebut angiofibroma dan bisa menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Tumor ini seringkali ditemukan di dalam rongga hidung berupa benjolan seukuran biji buah nangka berwarna merah keputihan.

Itulah beberapa alasan penyebab mimisan yang sebetulnya masih banyak lagi faktor-faktor lainnya.

Cara Mengatasi Mimisan yang Keluar Dari Hidung

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi mimisan yang benar agar bisa segera dilakukan pertolongan pertama:

  1. Kompres hidung dengan handuk bersih yang sudah dibasahi air es. Hal ini bertujuan untuk mengecilkan pembuluh darah dan juga membekukan darah agar tidak mengalir terlalu deras serta cepat berhenti.
  2. Duduklah dengan posisi yang benar agar darah tidak cepat mengalir dan berhenti. Duduklah dengan posisi agak sedikit membungkuk atau kepala agak menunduk ke depan. Cara mengatasi mimisan sepertiĀ ini dilakukan agar darah tidak mengalir ke belakang kemudian tertelan dan menyebabkan mual lalu muntah darah. Ingat! Jangan membaringkan badan Anda atau malah tidur karena darah bisa mengalir lebih cepat dan darah pun bisa tertelan sebab posisi jantung sejajar dengan hidung.
  3. Pencet cuping hidung dengan telunjuk dan ibu jari Anda lalu tahan selama 3 sampai 5 menit, selama itu bernapaslah sementara dengan mulut. Setelah ditahan lepas dan lihat apakah darah masih mengalir, jika iya ulangi cara yang sama tapi tahanlah selama 10 menit. Lakukan berulang-ulang sampai mimisan berhenti.
  4. Gunakanlah 1 lembar daun sirih muda yang sudah dibersihkan dengan air. Remas dan gulung seperti corong, setelah itu masukkan daun sirih ke lubang hidung dan posisi wajah menengadah ke atas. Daun sirih ini berguna untuk mengecilkan pembuluh darah di hidung.

Itulah beberapa cara mengatasi mimisan yang bisa dicoba, jika mimisan tak kunjung berhenti setelah 10 menit apalagi disertai panas, maka segeralah ke dokter karena bisa jadi hal tersebut gejala penyakit serius. Selama dalam perjalanan, usahakan duduk menyandar dan tutup hidung dengan kain bersih agar darah tidak mengalir deras.