Cara Mengatasi Nyeri Haid dengan Alami

Hal yang paling tidak mengenakkan saat datang bulan adalah datangnya nyeri haid. Nyeri haid tersebut biasanya terjadi selama hari pertama sampai dengan hari ketiga setelah haid. Nyeri haid dapat dirasakan berupa perut yang seperti dipelintir, pinggang yang rasanya mau patah, pusing bahkan mual. Cara mengatasi nyeri haid bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri. Namun Anda bisa menggunakan cara alami untuk mengobatinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Haid

Penyebab nyeri haid biasanya dikarenakan oleh meluruhnya dinding rahim yang dikarenakan tidak adanya pembuahan pada sel telur. Hal inilah yang menjadi proses menstruasi, proses tersebut bagi beberapa orang dapat menyebabkan nyeri haid yang sangat mengganggu. Karena gejala nyeri haid yang berupa kelelahan pada fisik ditambah dengan sakit pada bagian perut dan pinggang yang berlangsung dari hari pertama sampai dengan ketiga pada umumnya.

Cara mengatasi nyeri haid bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat penghilang nyeri. Namun, alangkah lebih baik jika tidak terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan kimia untuk mengatasi nyeri pada saat menstruasi datang.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengobati nyeri haid secara alami. Diantaranya adalah:

  1. Mengkonsumsi kunyit asam

Kunyit selain dijadikan sebagai bahan masakan, juga dapat dijadikan sebagai obat untuk menghilangkan nyeri haid. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung antibiotik alami yang dapat mengurangi rasa nyeri. Cara mengatasi nyeri haid dengan kunyit juga cukup sederhana dengan memarut kunyit dan mengambil sari kunyit. Anda bisa meminum begitu saja atau bisa mencampurkannya dengan asam jawa agar terasa lebih segar.

Mengkonsumsi kunyit asam selain sebagai obat alami nyeri haid, dapat membuat badan menjadi langsing dan singset.

  1. Melakukan senam kecil

Nyeri haid yang disebabkan oleh aliran darah yang keluar tidak lancar akan menyebabkan perut dan pinggang menjadi sakit dan terasa tidak nyaman. Anda dapat melakukan olahraga ringan dan kecil untuk menghilangkan sakit akibat nyeri haid.

Olahraga yang bisa dilakukan diantaranya adalah berjalan, menggerakkan tubuh dengan gerakan ringan dapat mengurangi rasa sakit nyeri haid pada beberapa bagian tubuh.  Peredaran darah yang lancar juga membantu dalam melancarkan keluarnya haid.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung zat besi

Pada saat haid, darah akan keluar dengan derasnya. Hal tersebut yang menyebabkan terjadinya pusing dan mual yang dikarenakan berkurangnya sel darah merah pada tubuh yang mengakibatkan anemia. Cara mengatasi nyeri haid tersebut dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi untuk mengembalikan sel darah merah yang keluar.

Zat besi dapat diperoleh dari hati dan beberapa makanan yang lain. Mengonsumsi hati pada saat haid sangat dianjurkan untuk menambah jumlah sel darah merah Anda.

  1. Kompres dengan air hangat

Anda bisa melakukan pengompresan air hangat dengan menggunakan botol untuk melemaskan otot perut dan pinggang yang tegang akibat nyeri haid.

Demikianlah beberapa cara mengatasi nyeri haid yang bisa Anda lakukan. Jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi air putih yang banyak agar badan tetap terasa segar dan tidak lemas pada saat menstruasi datang menyapa.

Cara mengatasi nyeri haid dengan cara yang lebih alami lebih mudah untuk dilakukan. Dan efek samping pada tubuh juga lebih menyehatkan dibanding mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri. Nyeri haid merupakan kodrat pada setiap wanita. Hal tersebut menandakan bahwa sistem reproduksi wanita masih berfungsi dengan baik.