Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat Dengan Alami

Bekas jerawat yang membandel memang membuat risih banyak orang karena berpengaruh pada penampilan kita. Untung ada beberapa cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan bahan-bahan alami yang sama manjurnya dengan obat-obatan buatan pabrik.

Jenis-jenis Jerawat yang Suka Muncul di Kulit Kita

Mungkin Anda belum tahu bahwa ada tiga jenis noda bekas jerawat yang biasanya muncul di kulit, yaitu:

  • Post inflammatory pigmentation: Jenis bekas jerawat yang satu ini akan memunculkan noda kecoklatan atau kemerahan pada bagian kulit yang sebelumnya ditumbuhi jerawat.
  • Atrophic: Kalau yang satu ini adalah jenis noda bekas jerawat yang dapat membuat kulit kita kehilangan keberadaan lapisan sel kulit muka.
  • Hypertrophic: Noda bekas jerawat satu ini lebih dikenal dengan sebutan flek hitam karena dapat menimbulkan noda berwarna hitam di kulit wajah kita.

Bahan Alami SebagaiĀ Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Ini dia yang harus Anda lakukan sebagai cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan cepat:

  1. Madu dan telur:

Resep ini memakai campuran putih telur yang dicampur madu kemudian dioleskan langsung ke noda bekas jerawat. Pilihan sederhana lainnya, cukup mengoleskan putih telur langsung ke wajah tanpa campuran madu. Cukup buat saja adonan putih telur plus madunya dan sapukan ke kulit wajah. Selain menghilangkan noda, resep ini juga mampu membuat kulit lebih kencang dan halus. Ingat, lebih baik memakai telur ayam kampung ya, tapi kalau hanya ada telur ayam lehor juga tak apa-apa. Baca ulasan lengkapnya pada artikelĀ Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Madu

  1. Lidah buaya:

Aloe vera atau lidah buaya merupakan cara tradisional yang tak hanya efektif untuk menghilangkan noda bekas jerawat, namun juga jerawat itu sendiri dan termasuk komedo. Caranya:

  • Parut aloe vera menggunakan lidah buaya sampai halus.
  • Campur parutan lidah buaya dengan minyak zaitun secukupnya.
  • Oleskan campuran tersebut ke kulit yang ada noda jerawatnya dan diamkan selama kira-kira 15 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air dingin.
  1. Pepaya

Buah pepaya mengandung Papain yang memang berguna untuk mencegah atau mengatasi iritasi dan peradangan kulit. Selain itu, jika punya kulit wajah berminyak, maka enzim Papain ini dapat membantu kelebihan minyak, membersihkan sel kulit mati, serta membuka pori-pori. Nah, setelah tahu bahwa ada banyak khasiat buah Pepaya, Anda cukup memakainya sebagai masker wajah untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

  1. Tomat

Sama seperti pepaya, buah satu ini juga ampuh mengatasi noda bekas jerawat berkat kandungan vitamin A nya yang sanggup mempercepat pergantian kulit. Cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan tomat:

  • Ambil 6 tetes perasan air lemon lalu campurkan dengan 2 sdm air jus tomat.
  • Campur sampai merata kedua bahan tersebut, lalu oleskan ke wajah yang ada noda bekas jerawat.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit, bilas dengan air hangat lalu lanjutkan dengan air dingin.
  1. Jeruk nipis:

Satu lagi cara mengatasi bekas jerawat Anda, yaitu dengan menggunakan jeruk nipis. Gunakan jeruk nipis yang masih segar sebab mempunyai tingkat keasaman yang tinggi sehingga lebih mampu menghilangkan noda hitam di wajah. Caranya:

  • Belah jadi dua dan peras airnya. Lalu oleskan ke kulit wajah yang terdapat flek atau noda hitam bekas jerawat.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit.
  • Lakukan cara ini secara teratur dan lihat hasilnya setelah satu bulan.

Itulah berbagai macam cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan bahan alami serta tentunya murah meriah! Selamat mencoba.