Cara Menghilangkan Panu yang Efektif

Kulit kita rentan dihinggapi bermacam-macam bakteri dan jamur yang mengakibatkan berbagai penyakit Panu menjadi penyakit yang banyak dialami oleh pria dan wanita, baik dewasa maupun anak-anak. Penyakit tersebut, tergolong dalam penyakit yang dapat menular melalui kontak langsung atau melalui media, seperti peralatan mandi. Rasa gatal yang ditimbulkan akan membuat penderitanya ingin selalu menggaruknya. Tentu itu menjadi aktifitas yang sangat memalukan jika dilakukan ditempat umum. Panu dapat muncul dimana saja, mulai dari bagian tubuh yang terlihat hingga bagian tubuh yang sensitive. Cara menghilangkan panu yang efektif tentu banyak dicari oleh para penderitanya. Beberapa cara yang dilakukan yaitu menggunakan obat tradisional dan obat-obatan kimiawi.

Cara Menghilangkan Panu dengan Obat Tradisional yang Efektif

Menghilangkan panu dengan menggunakan obat tradisional menjadi alternative pengobatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan panu dengan obat tradisional, antara lain:

1. Belimbing

Buah yang kaya vitamin C ini, selain dapat dikonsumsi juga dapat digunakan untuk obat panu. Mungkin saat ini, Anda bertanya-tanya mengapa belimbing dapat efektif mengobati panu? Hal ini dapat terjadi karena kandungan vitamin C pada belimbing dapat menghilangkan jamur di kulit. Cara menghilangkan panu dengan bahan tersebut, harus terlebih dahulu dengan kapur sirih. Kedua bahan dicampurkan dan dioleskan pada bagian tubuh yang terkena panu. Lakukan minimal 2 kali dalam 1 minggu agar hasilnya dapat optimal.

2. Bawang Putih

Cara menghilangkan panu menggunakan bawang putih dipercaya dapat membuat kulit menjadi mulus dalam waktu yang singkat. Bumbu dapur ini memiliki kandungan zat antiseptic yang mampu melawan bakteri, virus, dan jamur. Termasuk salah satunya jamur penyebab panu yang menempel di kulit. Cara menggunakan bawang putih untuk pengobatan yaitu dengan mengupas kulit ari dan cuci hingga bersih. Potong dan gosokkan pada kulit yang berpanu setiap pagi dan sore ketika akan mandi. Jika dilakukan dengan rutin, maka panu akan cepat menghilang dari kulit Anda.

3. Belerang

Cara menghilangkan panu menggunakan belerang disebabkan karena kandungan mineralnya dapat membunuh jamur yang menyebabkan panu. Menggunakan belerang harus dicampur menggunakan jeruk nipis karena kandungan vitamin C nya dapat menambah keefektifan pengobatan. Campurkan kedua bahan hingga merata dan oleskan pada panu di kulit. Lakukan hal tersebut selama dua kali sehari atau menjelang mandi pagi dan sore sampai menghilangkan secara permanen.

Cara Menghilangkan Panu dengan Obat Kimiawi yang Efektif

Cara menghilangkan panu dengan obat kimiawi biasanya dalam bentuk salep yang diberikan oleh dokter atau membeli sendiri di apotek. Berbagai macam merek salep tersedia dengan aneka macam kandungan zat di dalamnya. Harga salep untuk panu memang cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan salep lainnya yang digunakan untuk mengobati penyakit kulit lain. Cara menghilangkan panu dengan salep memang cenderung cukup merepotkan, karena kulit akan terasa lengket dan cenderung risih. Namun, itu juga pengobatan yang banyak dipilih oleh beberapa orang yang lebih percaya pengobatan kimiawi dibandingkan dengan pengobatan tradisional.

Salep untuk mengobati penyakit kulit tersebut dibuat dengan bahan-bahan yang dapat secara efektif menghilangkan jamur penyebab panu di dalam kulit. Cara menghilangkan panu dengan salep, cukup dengan mengoleskannya dan biarkan selama beberapa menit hingga meresap. Pengolesan dilakukan sesuai dengan petunjuk yang terdapat di dalam kemasan. Gunakan secara teratur agar jamur dapat cepat mati dan menghilang dari kulit. Anda pun akan terbebas dari panu dan rasa gatal di kulit dengan cepat.

Cara menghilangkan panu dari luar dengan obat-obatan kimiawi dianjurkan untuk mengantisipasi semakin bertambahnya panu di kulit. Selain mengobati, Anda juga harus selalu rajin membersihkan badan minimal mandi 2 kali sehari. Selain itu, Anda juga harus rajin mengganti pakaian setelah melakukan aktivitas, apalagi aktivitas yang menghasilkan keringkan di tubuh. Dengan melakukan kedua hal itu, maka panu tidak akan cepat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Informasi cara menghilangkan panu yang ampuh di atas, dapat dijadikan referensi pengobatan yang dapat dilakukan. Pilih pengobatan yang menurut Anda paling ampuh menghilangkannya.