Cara Menghilangkan Varises Yang Efektif

Bagaimanakah cara menghilangkan varises dengan efektif? Varises merupakan gangguan yang terjadi pada pembuluh darah di bawah kulit. Varises biasanya terjadi di sekitar kaki, khususnya bagian betis dan pangkal paha. Varises terjadi akibat pembuluh darah di bawah kulit membesar akibat tidak lancarnya peredaran darah. Apapun penyebabnya, varises sangat merusak penampilan kulit dan juga mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika Anda menderita varises, mungkin Anda membutuhkan cara menghilangkan varises dengan cepat.

Varises yang muncul di permukaan kulit karena adanya penyumbatan sirkulasi darah seringkali menyebar dengan sangat cepat ke bagian-bagian lain. Hal ini tentu membuat Anda sangat ingin mengetahui cara menghilangkan varises dengan aman dan efektif. Varises memang dapat menurunkan tingkat percaya diri, khususnya apabila muncul di daerah-daerah yang tidak bisa ditutupi pakaian. Varises memang paling sering muncul di bagian kaki, namun pada beberapa orang, terkadang varises bisa juga muncul di wajah. Pada keadaan ini, tentunya setiap orang memerlukan cara menghilangkan varises di wajah.

Cara Menghilangkan Varises Dengan Mengubah Kebiasaan

  • Jangan Terlalu lama Berdiri atau Duduk

Varises umumnya muncul karena kita terlalu lama berdiri atau duduk. Pada saat berdiri, tubuh menopang berat badan sehingga apabila terlalu lama, maka peredaran darah dapat tersumbat dan menimbulkan varises. Duduk terlalu lama pun demikian. Oleh karena itu, selang-seling antara berdiri dan duduk sangat baik dilakukan sebagai cara menghilangkan varises.

  • Kurangi pemakaian sepatu bertumit tinggi

High heels memang membuat kaki pemakainya terlihat jenjang dan seksi, namun high heels juga dapat menyumbat peredaran darah. Jika harus memakai high heels, batasi tingginya. Jangan menggunakan high heels yang lebih dari lima sentimeter sehari-hari karena hal tersebut memicu munculnya varises. Selingi dengan menggunakan sepatu tanpa tumit agar kaki tidak mudah lelah.

  • Olah raga rutin

Dengan berolah raga secara rutin dapat menjadi cara menghilangkan varises yang efektif. Jika mendengar kata olah raga rutin, mungkin yang terbayang adalah Anda harus pergi ke fitness center setiap hari. Olah raga tidak harus seperti itu, jalan kaki atau jogging pun sudah mencukupi untuk membantu menghilangkan varises.

  • Kontrol Berat Badan

Selain olah raga, sebaiknya Anda mengontrol berat badan agar tidak kegemukan melalui asupan makanan bergizi. Tubuh yang terlalu gemuk membuat berat badan yang harus ditopang tubuh menjadi terlalu besar. Akibatnya kaki harus menerima banyak beban dan tentu saja hal tersebut dapat memicu munculnya varises.

  • Bantali Kaki

Ketika sedang santai, letakkan beberapa buah bantal di bawah kaki sambil Anda mengambil posisi tidur terlentang, cara menghilangkan varises ini sangat baik untuk mengembalikan darah dari kaki untuk diteruskan ke tubuh bagian atas. Posisi ini bisa dilakukan selama sekitar 10-15 menit setiap hari. Jika di kantor Anda banyak duduk, usahakan meletakkan kaki sedikit lebih tinggi dengan menggunakan bangku kecil. Ini akan membantu kaki menjadi lebih rileks.

Penyebab dan Gejala Varises

Kita dapat mulai melakukan cara menghilangkan varises segera setelah kita melihat gejala varises muncul yaitu mulai terlihatnya garis-garis kebiruan di bawah kulit. Garis kebiruan ini adalah pembuluh darah yang mulai membesar akibat tersumbatnya peredaran darah. Pada beberapa kasus varises yang parah, pada bagian yang terkena varises akan membengkak dan luka akibat pembuluh darah yang pecah.

Selain kurang gerak atau menahan posisi berdiri/duduk terlalu lama. Kehamilan juga dapat memicu munculnya varises di bagian kaki. Ini khususnya terjadi pada kehamilan di trimester terakhir dimana beban tubuh menjadi lebih berat. Cara menghilangkan varises wanita hamil diperlukan kehati-hatian karena ada janin yang sedang berkembang. Dalam hal ini, ibu hamil sebaiknya meminta saran dokter jika ingin mengaplikasikan krim khusus atau minum obat tertentu sebagai cara menghilangkan varises.

Penuaan juga menjadi faktor yang memicu munculnya varises. Ketika usia bertambah, kekuatan dan elastisitas pembuluh darah berkurang sehingga mudah melebar. Darah yang mengalir menuju jantung bisa jadi kembali menyebar ke seluruh bagian tubuh. Hal ini menyebabkan terjadinya peregangan akibat tekanan yang besar dimana hal tersebut memicu munculnya varises.