Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Akurat

Bagian dari kehamilan yang pastinya sangat penting untuk diketahui adalah usia kehamilan. Ya, mengetahui usia kehamilan adalah hal penting yang harus diketahui oleh ibu hamil supaya ia bisa mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan kehamilannya dengan tenang, terutama persiapan persalinan. Biasanya, ibu hamil mengetahui usia kehamilannya dari dokter kandungan atau bidan tempat ia memeriksakan kandungannya. Cara medis untuk mengetahui usia kehamilan yang paling akurat adalah dengan melakukan Ultrasonografi (USG), dimana tingkat keakuratannya mencapai 95%. Akan tetapi, cara ini tidak dilakukan oleh semua ibu hamil karena biayanya yang cukup mahal. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ternyata ada cara menghitung usia kehamilan yang mudah dan dapat dilakukan sendiri oleh ibu hamil.

Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Mudah dan Tepat

Selain menggunakan bantuan medis Anda para ibu hamil juga dapat menghitung usia kehamilan Anda sendiri lho, karena banyak cara menghitung usia kehamilan secara manual yang dapat dilakukan.  Hal ini tentu saja akan membuat lebih efisien biaya, karena Anda tidak perlu membayar mahal pada dokter untuk mengetahui usia kehamilan Anda. Kami akan memberikan tips tentang cara menghitung usia kehamilan yang mudah dan cukup akurat.

Cara hitung usia kehamilan yang pertama adalah dengan menggunakan metode atau rumus Neagle. Rumus ini didasarkan pada Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT), dan tentu saja membutuhkan bantuan kalender. Hal penting yang harus dikuasai ibu hamil yang ingin menghitung usia kehamilannya dengan rumus ini adalah siklus haidnya. Untuk HPHT di bulan Januari – Maret, rumusnya adalah (Tanggal + 7), (Bulan3), (Tahun + 0). Sedangkan cara menghitung usia kehamilan untuk bulan April-Desember rumusnya adalah (Tanggal + 7), (Bulan – 3), (Tahun + 1Misalnya, HPTP Anda 11 April 2015), maka perkiraan tanggal persalinan Anda adalah 18 Januari 2016. Cara ini lebih akurat jika diterapkan pada ibu hamil yang memiliki siklus haid normal dan teratur yaitu 28-30 hari.

Kenyataannya, tidak semua ibu hamil punya siklus haid teratur jadi perlu ada koreksi jika ingin menggunakan cara ini agar resiko kesalahannya dapat diperkecil. Jika siklus menstruasinya pendek (26 hari) maka tanggal persalinan di atas dimundurkan 2 hari menjadi 20 Januari 2016. Jika siklus menstruasinya panjang misal 40 hari, maka tanggal perkiraan persalinan di atas dimundurkan 12 hari menjadi 1 Februari 2016. Karena membutuhkan pengamatan yang teliti tentang siklus haid, cara ini tidak akurat jika diterapkan pada Anda yang hamil beberapa saat setelah pencopotan alat KB.

Cara menghitung usia kehamilan dengan mudah dan akurat yang kedua adalah dengan metode dua jari tangan. Metode ini adalah cara menghitung usia kehamilan jika lupa HPHT yang cukup akurat. Akan tetapi, metode ini hanya diberlakukan pada ibu hamil yang memiliki berat badan yang ideal. Caranya sangat mudah, di antara perut dan puncak rahim letakkanlah dua jari. Pedoman penghitungannya adalah setiap ada penambahan dua jari berarti usia kehamilan Anda bertambah 2 minggu.

Cara menghitung usia kehamilan yang mudah selanjutnya adalah dengan melakukan pengamatan pada gerakan janin. Cara ini merupakan cara menghitung usia kehamilan berdasarkan hitungan minggu yang juga cukup akurat selain cara di atas. Berdasarkan penelitian, gerakan janin pada kehamilan pertama akan terasa saat usia kandungan memasuki 18-20 minggu. Sedangkan untuk kehamilan kedua dan kehamilan seterusnya, gerakan janin mulai terasa saat kandungan memasuki usia 16-18 minggu. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan dan terbukti cukup akurat karena didasarkan pada penelitian yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun.

Silakan lakukan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas untuk mengetahui usia kehamilan Anda tanpa bertanya ke dokter atau bidan. Dari semua cara di atas, mengenai perkiraan tanggal persalinan Anda perlu memberikan waktu tenggang karena bisa jadi lebih cepat atau lebih lama dari tanggal yang diperkirakan meskipun tenggangnya pasti tidak terlalu lama. Sekian tips dari kami tentang cara menghitung usia kehamilan. Semoga bermanfaat!!