Cara Mengobati Batuk Dengan Bahan Alami

Batuk merupakan salah satu penyakit yang bisa membuat penderitanya menjadi tidak nyaman ketika beraktifitas. Bisa dibayangkan betapa menjengkelkannya ketika sedang presentasi pekerjaan namun disela oleh batuk yang datang tiba-tiba. Atau ketika sedang nikmat tertidur namun harus terbangun dengan batuk yang menyerang. Batuk merupakan sebuah penyakit ringan yang kadang disepelekan, akan tetapi batuk merupakan salah satu penyakit yang harus diwaspadai karena berkaitan dengan sistem pernafasan. Cara mengobati batuk juga sangat mudah dan sederhana.

Cara Mengobati Batuk Dengan Cepat

Batuk merupakan salah satu penyakit yang berfungsi sebagai salah satu sistem pertahanan tubuh. Batuk bisa juga ditandai sebagai adanya suatu permasalahan pada sistem pernafasan, atau hanya sebagai reaksi tubuh dari iritasi pada tenggorokan yang diakibatkan oleh adanya lendir, asap, debu atau bisa juga makanan.

Pengobatan batuk secara alami umum dilakukan, karena batuk dianggap sebagai sebuah penyakit ringan yang bisa diobati dengan bahan alami. Namun batuk juga tidak bisa dianggap sebagai sebuah penyakit ringan, karena batuk bisa menjadi salah satu penanda dari beberapa penyakit kronis seperti TBC atau penyakit yang bersumber pada paru-paru.

Berikut beberapa cara mengobati batuk dengan cepat menggunakan cara alami yang sehat, diantaranya adalah:

  1. Menggunakan jeruk nipis

Jeruk nipis si buah kecil dengan cita rasa yang asam memang memiliki segudang manfaat. Salah satunya adalah dapat menghilangkan batuk secara cepat. Cara mengobati batuk dengan jeruk nipis adalah dengan meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan madu atau kecap. Minum ramuan ini 3 kali dalam sehari untuk merasakan manfaatnya.

  1. Menggunakan daun sirih

Daun sirih juga salah satu tanaman yang kerap digunakan sebagai pengobatan herbal. Cara mengobati batuk dengan daun sirih adalah dengan cara merebus daun sirih yang telah dicuci dengan bersih. Rebusan daun sirih tersebut dapat diminum selama 1 kali dalam sehari.

  1. Menggunakan kunyit

Kunyit merupakan bumbu dapur yang memiliki khasiat antibiotic alami. Cara mengobati batuk dengan menggunakan kunyit adalah menghaluskan kunyit dan mencampurkannya dengan madu dan diaduk menggunakan air kemudian diminum sebanyak 1 gelas dalam 1 hari.

  1. Menggunakan the yang dicampur dengan jahe

Mengobati batuk dengan herbal adalah dengan mengkonsumsi teh jahe. Jahe yang telah dicuci bersih sekitar 2-3 irisan dapat dicampurkan dengan secangkir teh hangat. Meminum teh jahe ini dapat dilakukan sebanyak 2 sampai dengan 3 kali dalam sehari.

  1. Menggunakan kemangi

Cara mengobati batuk dengan kemangi adalah dengan cara merebus daun kemangi dengan 2 gelas air putih sampai sisa air rebusan menjadi 1 gelas. Dengan meminum air rebusan daun kemangi ini dapat menghilangkan batuk dengan segera.

  1. Menggunakan belimbing wuluh

Mengobati batuk dengan belimbing wuluh dapat mengatasi batuk dengan segera. Caranya adalah dengan melakukan tim satu genggam bunga dari belimbing wuluh yang dicampur dengan adas, gula dan air sebanyak satu cangkir. Setelah di tim, kemudian di saring dan ramuan tersebut dapat diminum.

  1. Menggunakan batang serai.

Cara mengobati batuk dengan bahan-bahan alam merupakan salah satu cara untuk mengatasi batuk, salah satunya adalah dengan menggunakan serai. Karena didalam serai terdapat semacam zat anti radang yang dapat mengatasi batuk dari sumbernya. Cara menggunakannya adalah batang serai yang telah dicuci direbus dengan 1 gelas air. Air rebusan serai dapat dikonsumsi sebanyak 1 gelas dalam sehari.

Beberapa cara mengobati batuk tersebut dapat Anda praktekkan dalam upaya untuk mengatasi dan mengobati batuk dengan segera. Baca artikel kami lainnya tentangĀ Cara Menghilangkan Bau Mulut Alami dan Cepat