Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak dan Orang Dewasa

Cacar air adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus, memang penyakit ini biasanya menyerang anak-anak usia 3 sampai 5 tahun. Tetapi bukan berarti orang dewasa tidak bisa terkena penyakit ini. Cara mengobati cacar air bisa dilakukan secara tradisional dengan kata lain menggunakan bahan-bahan alami.

Gejala dan Cara Mengobati Cacar Air Secara Alami

Apa saja gejala cacar air? Awalnya, penderita yang terkena cacar air akan merasa demam, badan yang letih serta lesu, juga pilek. Gejala-gejala tersebut umum didapati pada penyakit yang disebabkan oleh virus. Bahkan, gejala yang lebih parah adalah merasa sakit kepala atau pusing, serta nyeri sendi dan terkadang bisa sakit tenggorokan 2 sampai 3 hari. Cacar air nantinya akan menimbulkan bercak-bercak kecil berwarna merah yang menyebar di sekujur tubuh, biasanya pertama kali muncul di sekitar perut, dada, serta punggung dan kemudian menyebar ke daerah lain seperti wajah dan anggota gerak.

Bercak-bercak kemerahan tersebut akan berubah menjadi lenting yang berisi air, penderita biasanya juga akan merasa gatal dan nyeri akibat lenting tersebut. Tetapi jangan sampai Anda menggaruknya meskipun terasa gatal karena lenting bisa pecah dan nantinya membekas, susah untuk dihilangkan. Jika lenting dibiarkan, dia nanti akan mengering dan membentuk keropeng, keropeng tersebut nanti akan mengelupas dan meninggalkan bekas yang tak begitu dalam sehingga lama-lama bisa cepat hilang.

Lalu bagaimana cara mengobati cacar air pada anak dan orang dewasa?

  1. Temulawak:
  • Campurkan temulawak secukupnya dengan 15 gram asam jawa dan 15 gram kencur yang sudah dipotong-potong kecil dan dicuci bersih.
  • Rebus ketiga bahan tersebut dengan 600 ml air sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Saring air rebusan tersebut dan minumlah 2 sampai 3 kali sehari.
  1. Buah mengkudu:
  • Buah ini rasanya memang agak pahit, tapi efektif dalam mengobati cacar air. Cukup ambil 30 gram buah mengkudu yang masih segar dan sudah matang, cuci bersih buah tersebut.
  • Blender buah mengkudu untuk dijadikan jus buah dan minumlah 2 sampai 3 kali dalam sehari dan secara rutin.
  1. Jagung muda:
  • Ambil jagung muda dan cuci sampai bersih, lalu diparut.
  • Gunakan parutan jagung muda tersebut untuk mengolesi bagian kulit yang terkena cacar air.
  • Lakukan cara mengobati cacar air yang ampuh ini pada tahap pengobatan, penyembuhan, dan sampai menghilangkan bekas-bekas cacar air.
  1. Kacang hijau:
  • Gunakan kacang hijau secukupnya, rendam di dalam air sampai mengembang, setelah itu tumbuk hingga halus.
  • Oleskan tumbukan kacang hijau untuk mengolesi bagian kulit yang kena cacar air.
  1. Bunga gondola:
  • Ambil bunga gondola secukupnya, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas.
  • Minumlah air rebusan gondola tersebut secara teratur sampai cacar air hilang.

Tips-Tips Lain

Jika lenting pada kulit pecah dan menimbulkan kerak atau bekas luka, maka bisa diberi salep antibiotik agar tidak menimbulkan infeksi. Jadi, sebelum kering coba beri obat seperti asiklovir dan valasiklovir. Selain itu, jika kulit terasa gatal, maka cara mengatasi gatal-gatal akibat cacar air bisa diberi bedak anti gatal seperti salicyl. Bisa juga ditaburkan ke area kulit yang belum timbul lentingnya untuk mencegah lenting menyebar ke area tersebut.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Cacar Secara Alami

Untuk anak-anak yang kena cacar air, lebih baik potong kuku mereka agar lenting tidak tergaruk. Dan kenakanlah pakaian longgar agar kain tidak mengenai lenting. Itulah cara mengobati cacar air pada dewasa dan anak yang bisa dicoba.