Cara Mengobati Tipes, Penyebab, Gejala, dan Pantangan

Tipes jika tidak segera diatasi bisa berbahaya dan mematikan, pengobatan paling ampuh tentu saja adalah pergi ke dokter secepatnya. Tapi cara mengobati tipes di bawah berikut ini mungkin bisa dipertimbangkan sebagai pengobatan pertama bagi penderita tipes. Obat ini dari bahan-bahan alami sehingga tidak membahayakan.

Apa Itu Tipes?

Typus atau mudahnya tipes adalah suatu penyakit peradangan pada usus halus yang disebabkan infeksi bakteri salmonella typhosa atau salmonella paratyphi A, B dan C. Penyakit ini juga bisa terjadi pada aliran darah, detailnya bakteri berkembang biak dan masuk ke aliran darah yang akhirnya juga dapat menyerang organ lain khususnya usus halus. Usus halus yang terinfeksi ini akan meradang dan bisa menyebabkan diare. Gejala-gejala sakit tipes, seperti:

  • Tubuh menggigil dan disertai demam tinggi dari 39 derajat sampai dengan 40 derajat celcius. Demam ini meningkat perlahan dari sore hingga malam hari.
  • Badan lemas dan lemah.
  • Denyut jantung lemah.
  • Sakit kepala yang hebat terutama di belakang kepala saat dini hari.
  • Nafsu makan hilang.
  • Mual dan muntah.
  • Sakit perut.
  • Nyeri otot.
  • Terkadang pada kasus-kasus tertentu, muncul flek merah muda yang menyebar di tubuh.

Tipes ini jika dibiarkan bisa berakibat buruk seperti pemotongan usus, bahkan kematian.

Cara Mengobati Tipes Dengan Bahan-Bahan Alami

Berikut beberapa cara mengobati tipes secara alami yang bisa Anda coba dengan bahan-bahan seperti:

  1. Temulawak: Ambil 2 ruas temulawak, kemudian iris tipis-tipis dan rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tinggal segelas. Minumlah sehari sekali secara teratur.
  2. Kunyit: Ambil 2 ruas kunyit, lalu iris tipis-tipis dan tambahkan dengan 11 daun sambiloto dan 20 gram daun pegagan. Rebus bahan-bahan tersebut sampai mendidih dan minumlah ramuan ini 3 kali sehari secara teratur.
  3. Daun sambiloto: Rebus 10 lembar daun sambiloto dengan jinten hitam dan 15 gram temulawak yang sudah dipotong-potong sampai mendidih. Setelah air rebusan dingin, maka siap diminum 2 kali sehari secara teratur.
  4. Sawo muda: Gunakan 3 buah sawo yang masih muda, bersihkan lalu diparut. Peras air sawo tersebut dan minumlah air hasil perasan tersebut secara teratur. Untuk cara mengobati tipes pada anak sebaiknya cukup diminum sekali sehari.
  5. Pepaya: Ambil buah pepaya yang masih mudah atau setengah mudah, potong-potong dan parut sampai halus. Tambahkan air hangat terus diperas, minumlah parutan pepaya tersebut 2 hari sekali.
  6. Cacing tanah: Memang bahan ini menjijikkan, tapi sangat efektif untuk mengobati penyakit tipes. Cari 10 ekor cacing tanah, lalu bersihkan isi perutnya dan rebus dengan 500 cc air. Tunggu sampai air rebusan hangat dan baru diminum, jangan diminum setelah dingin karena bau amis dari cacing akan terasa.
  7. Mentimun: Ambil 2 buah mentimun, parut hingga halus dan peraslah. Minum air perasan mentimun tersebut 3 kali sehari.
  8. Daun keji beling: Rebus 15 lembar daun keji beling dengan 2,5 liter air sampai mendidih kira-kira selama 20 menit. Minumlah air rebusan tersebut 2 kali sehari setelah dingin.

Pantangan Bagi Penderita Tipes

Ada beberapa pantangan bagi penderita tipes yang sebaiknya wajib diperhatikan:

  1. Jangan mengonsumsi makanan pedas karena malah akan membuat tipes makin parah. Makanan pedas yang harus dihindari, misalnya: cabai, kecap, saus, bakso, dan makanan pedas lainnya.
  2. Jangan mengonsumsi makanan asam karena malah akan membuat tipes makin parah. Makanan asam contohnya jeruk, salak, asam jawa, dll.

Itulah cara mengobati tipes dan juga informasi lainnya yang diharapkan berguna.