Cara Menjaga Kehamilan dengan Baik dan Benar

Lahirnya seorang anak merupakan suatu anugerah yang tidak ternilai oleh pasangan suami istri dan keluarga. Seorang ibu dan ayah akan selalu menjaga dari saat kehamilan sampai anak mereka tumbuh besar. Rasa kasih sayang orang tua tidak akan tergantikan sepanjang masa. Bagi calon ibu hamil atau Anda yang sedang hamil harus memperhatikan dan menaati betul cara menjaga kehamilan agar janin dapat tumbuh sehat, lahir dengan selamat dan sehat beserta ibu yang tetap sehat. Pada artikel ini akan membahas cara-cara tersebut khusus untuk Anda.

Cara Menjaga Kehamilan Agar Bayi dan Ibu Tetap Sehat

  • Berhenti melakukan aktivitas-aktivitas yang berat

Kurangi melakukan pekerjaan rumah yang menghabiskan banyak tenaga untuk ibu hamil. Ini terutama sebagai cara menjaga kehamilan muda. Mengapa demikian? Karena secara umum wanita yang sedang hamil mudah mengalami kelelahan dan tekanan darah bisa sangat rendah. Meskipun begitu, sebagai ibu hamil Anda juga tidak diperbolehkan duduk terlalu lama. Bergeraklah secukupnya karena itu cara menjaga kehamilan yang baik.

  • Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Makanan yang bergizi sangat mempengaruhi janin Anda baik untuk pertumbuhan maupun untuk kesehatan. Bidan dan dokter Anda akan memberikan panduan mengenai apa saja yang boleh dimakan dan tidak boleh. Dengarkan juga nasehat dari keluarga seperti ibu atau ibu mertua karena mereka lebih berpengalaman menjalani kehamilan. Meskipun begitu, terkadang pantangan untuk ibu hamil yang satu berbeda dengan yang lain. Jika yang satu mual untuk memakan jenis makanan tertentu ternyata ibu hamil yang lain tidak. Tetap konsultasikan ini dengan dokter dan bidan Anda sebagai cara menjaga kehamilan.

  • Mengontrol dan mengelola emosi

Ibu hamil akan rentan dengan mudah marah, tersinggung, dan sangat sensitif. Sebelum emosi Anda mudah meluap-luap, maka ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu cara-cara mengontrol emosi. Hindari hal-hal yang memicu stress, jaga hubungan dan komunikasi yang baik dengan suami, perbanyak beribadah kepada Tuhan, dan lakukan relaksasi dengan yoga maupun mengatur pernafasan. Ini juga merupakan salah satu cara menjaga kehamilan yang sangat penting, karena jika ibu hamil mudah stress maka rawan terjadi keguguran.

  • Lakukan aktivitas seksual secukupnya dan hati-hati

Untuk cara menjaga kehamilan muda agar tidak keguguran salah satunya adalah dengan hati-hati berhubungan seksual dengan pasangan ketika hamil muda. Konsultasikan pada dokter atau bidan Anda terkait dengan hal ini. Pada dasarnya, berhubungan suami istri diperbolehkan ketika hamil namun harus disesuaikan dengan kondisi calon ibu.

  • Istirahat cukup

Seperti yang telah dikemukakan di awal bahwa ibu hamil dilarang melakukan pekerjaan-pekerjaan berat. Ibu hamil harus selalu cukup istirahat baik fisik maupun psikis. Ini agar kondisi janin tetap aman dan ibu tetap sehat. Cara menjaga kehamilan ini juga memerlukan dukungan dari suami untuk saling membantu dalam mengurus pekerjaan rumah yang biasa dilakukan oleh sang istri.

  • Senam ibu hamil dan olahraga

Senam untuk ibu hamil biasa diadakan di klinik-klinik khusus bayi dan kandungan. Ikutilah senam ini di klinik ibu hamil terdekat Anda. Jangan lupa untuk olahraga ringan khusus untuk ibu hamil. Olahraga membantu memperlancar peredaran darah dan tubuh serta pikiran menjadi lebih rileks. Olahraga yoga dapat menjadi pilihan terbaik bagi ibu hamil, dengan melakukan gerakan-gerakan ringan namun tetap mengeluarkan keringat dan untuk mengatur pernapasan. Ini juga merupakan cara menjaga kehamilan agar bayi sehat, karena jika ibunya sehat maka kemungkinan besar kesehatan bayi juga terjaga.

  • Rutin kontrol ke dokter

Ini merupakan cara menjaga kehamilan yang tidak boleh dilupakan. Anda harus selalu kontrol ke dokter untuk mengetahui perkembangan janin. Konsultasikan juga keluhan-keluhan Anda selama kehamilan agar dokter dapat memberikan vitamin yang tepat bagi Anda dan calon bayi. Bagi Anda yang belum dan ingin mendapatkan anak sebaiknya membaca artikel yang satu iniĀ Cara Menghitung Masa Subur dengan Benar.