Cara Merawat Rambut Yang Diwarnai

Bagaimanakah sebaiknya cara merawat rambut yang diwarnai? Mewarnai rambut merupakan cara tercepat untuk mengubah penampilan jika Anda tidak ingin memotong rambut atau mengubah style-nya. Orang jaman dahulu memiliki banyak cara merawat rambut secara alami agar hitam berkilau dan mereka mewarnai rambut hanya untuk menutupi uban. Sekarang ini mewarnai rambut adalah cara orang mengikuti tren. Warna rambut yang bisa dipilih tidak hanya hitam, melainkan juga coklat, merah, biru tua, bahkan pink atau ungu jika berani tampil beda.

Mewarnai rambut harus diiringi dengan cara merawat rambut yang diwarnai. Bagaimana pun juga, mewarna rambut memiliki efek samping karena cat rambut adalah bahan kimia yang tidak bisa digunakan terus menerus. Terlalu sering mewarnai rambut bisa membuat menjadi kering, rapuh dan rusak. Oleh karena itu rambut yang diwarnai haruslah dirawat dengan baik. Jika dilakukan dengan benar, maka rambut yang diwarnai tidak hanya akan bertahan lama warnanya, akan tetapi juga rambut menjadi sehat, kuat dan lembut.

Cara Merawat Rambut Diwarnai Sehari-Hari

  • Mencuci Rambut

Setelah mengecat atau meng-highlight rambut Anda, sebaiknya rambut tidak dicuci selama 24 jam agar warnanya meresap ke dalam batang rambut. Rambut yang dicuci tidak lama setelah diwarnai, warnanya akan dapat cepat memudar. Setelah 24 jam dan Anda ingin mencuci rambut, sebaiknya gunakan air dingin dan shampoo khusus untuk rambut yang diwarnai. Shampoo ini memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap rambut yang diwarnai dibandingkan dengan shampoo biasa.

  • Memberi Serum

Untuk menyiasati agar rambut yang diwarnai tidak menjadi kering dan rusak, Anda harus melakukan cara merawat rambut dengan menjaga kelembabannya. Anda bisa menggunakan kondisioner yang tepat setelah mencuci rambut. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan serum rambut. Serum rambut mengandung banyak vitamin yang berfungsi memperbaiki keadaan rambut yang kering dan rusak dengan lebih intensif. Sebaiknya serum rambut digunakan saat rambut masih setengah basah setelah mencuci rambut agar kandungan serumnya bisa meresap dengan baik ke dalam batang rambut.

  • Jangan mengecat rambut berulang-ulang

Setelah diwarnai, beri rambut Anda kesempatan untuk beristirahat selama seminggu sebelum melakukan perawatan lainnya. Cara merawat rambut seperti ini penting agar rambut dapat menyesuaikan diri dengan warna cat rambut. Hindari mengecat ulang rambut sebelum dua minggu sejak pewarnaan pertama, walaupun Anda mungkin kurang suka warnanya dan ingin segera menggantinya dengan warna baru.

Cara Merawat Rambut Mingguan Untuk Rambut Diwarnai

  • Selain cara merawat rambut harian untuk rambut diwarnai, sebaiknya Anda juga melakukan perawatan mingguan yaitu berupa penggunaan masker khusus untuk rambut yang diwarnai. Masker rambut memiliki kandungan pelembab yang jauh lebih banyak daripada kondisioner biasa sehingga sangat baik untuk menjaga agar rambut tidak kering dan pecah-pecah. Selain itu, masker rambut memberikan nutrisi kepada rambut agar tidak cepat rusak karena bahan-bahan kimia.
  • Rambut yang diwarnai sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan produk-produk styling seperti mousse, hair spray, gel rambut, krim pelurus atau pengeriting rambut dan lain sebagainya. Ini adalah cara merawat rambut dan mencegah rambut stress karena banyaknya zat kimia yang diaplikasikan ke batang rambut. Di samping itu, produk-produk styling dapat menyebabkan rambut menjadi semakin kering dan rusak.┬áBaca juga Cara Merawat Rambut Kering yang Tepat
  • Jika rambut yang diwarnai rusak, Anda harus melakukan beberapa cara merawat rambut rusak secara ekstra. Perawatan rambut rusak bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami tradisional seperti mengoleskan santan ke seluruh batang rambut dan membiarkannya beberapa saat sebelum dibilas. Santan mengandung nutrisi yang tinggi untuk dapat melembabkan rambut secara alami.
  • Rambut yang kering karena diwarnai sebaiknya juga diatasi dengan melakukan cara merawat rambut kering dan bercabang antara lain menghindari penggunaan alat-alat panas untuk menata rambut seperti hair dryer, rol panas, catok listrik dan lain sebagainya. Penggunaan alat-alat tersebut hanya akan memperparah kondisi rambut yang sudah rusak.

Demikian beberapa cara merawat rambut yang diwarnai baik secara harian maupun mingguan yang dapat Anda terapkan untuk membuat rambut Anda tetap indah dan sehat. Semoga berguna.