Inilah Beberapa Cara Mengatasi Sakit Gigi

Sakit gigi atau sakit hati sama-sama sakit yang tidak terlihat oleh mata, namun jika Anda pernah atau bahkan sedang mengalami sakit gigi, maka jangan tunggu lama untuk menahannya. Karena jika sakit sudah terasa hingga saraf, maka sakit yang akan Anda derita akan lama sembuhnya. Cara mengatasi sakit gigi bisa dilakukan dengan menggunakan tanaman tradisional yang bisa dengan mudah kita dapat di sekitar kita. Namun, sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab sakit gigi ini muncul, sehingga akan lebih mudah untuk menyembuhkannya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Gigi

Sakit gigi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, sehingga jika kita tidak memperhatikan penyebab munculnya sakit gigi tersebut, maka sakit gigi bisa kambuh sewaktu-waktu. Untuk mencegah sakit gigi datang kembali, sebaiknya Anda memperhatikan kebersihan gigi dan mulut setiap hari. Adapun beberapa penyebab datangnya sakit gigi adalah sebagai berikut:

  1. Berlubang

Gigi berlubang bisa mengakibatkan sakit yang tidak tertahankan apalagi ketika kita makan-makanan yang manis, asam, terlalu dingin dan terlalu panas atau makanan yang keras, maka gigi berlubang bisa kembali sakit. Cara mengatasi sakit gigi berlubang, adalah dengan menambahnya. Selain itu, cara mengatasi sakit gigi bisa dengan menggunakan obat tradisional, yaitu dengan menggunakan beberapa bahan dibawah ini:

  • Satu tetes getah kamboja;
  • Satu tetes getah jarak pagar;
  • Sat tetes minyak cengkeh;
  • Satu tetes minyak bakaran tempurung kelapa;
  • Sepuluh lembar daun sirih masukkan dalam gelas tuangkan air panas kemudian tutup rapat-rapat dan tunggu hingga menjadi hangat, gunakan air ini untuk kumur.

Namun, jika Anda lebih yakin menggunakan obat, maka Anda bisa membeli obat di apotik yang mengandung Asam Mefenamat 250mg per kapsul. Biasanya obat sakit gigi seperti ponstan dan mefinal adalah cara mengatasi sakit gigi yang baik namun juga sebagai analgesik anti-inflamasi dan juga obat yang dapat mengurangi pembengkakan.

  1. Gusi bengkak

Penyebab lain yang bisa menyebabkan sakit gigi adalah pembengkakan pada gusi. Cara mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak, adalah dengan berkumur dengan air garam yang dicampur perasan jeruk nipis dengan menggunakan air hangat atau bisa juga berkumur dengan rebusan daun sirih. Agar sakit gigi tidak menyerang lagi, maka sebaiknya Anda berhati-hati dalam menyikat gigi, agar sikat gigi tidak melukai gusi. Kebiasaan menusuk gigi setelah makan sebenarnya juga tidak disarankan.

  1. Gigi palsu dan kawat gigi

Memasang gigi palsu terkadang juga bisa berakibat pada gigi sakit, biasanya pemasangan yang tidak dilakukan oleh ahlinya yang tidak memenuhi kriteria standar akan menyebabkan terjadinya sakit gigi. Cara mengatasi sakit gigi ini adalah dengan memasang ulang gigi pada dokter ahli gigi. Sakit gigi juga bisa disebabkan oleh pemasangan kawat gigi. Karena pemasangan kawat gigi terkadang justru menimbulkan karang gigi pada bagian kawat yang tidak terjangkau untuk dibersihkan. Obat sakit gigi paling ampuh adalah dengan nginang atau nyirih.

Adapun ramuan untuk nginang atau nyirih ini adalah daun sirih, kapur sirih, gambir dan pinang. Kunyah ramuan ini hingga halus dan biarkan beberapa menit di mulut kemudian ludahkan, dan lakukan beberapa kali. Cara mengatasi sakit gigi dengan ramuan sirih ini sangat ampuh, ketika gigi sedang sakit, lakukan paling tidak tiga kali sehari, maka sakit gigi akan segera hilang dan tidak kambuh lagi. Ini merupakan resep obat sakit gigi tradisional, yang telah dilakukan nenek moyang kita, bahkan hingga saat ini masih ada beberapa yang melakukannya.

Tips Menjaga Gigi dan Mulut

Gigi dan mulut sangat penting dan wajib untuk selalu kita perhatikan. Karena gangguan mulut tidak hanya terjadi pada sakit gigi saja. Namun, beberapa hal yang lain juga bisa terjadi misalnya bau mulut, dan juga sariawan. Agar mulut tetap sehat, baca juga 10 Cara Mengobati Sakit Gigi Cepat dan Ampuh dan berikut tips yang bisa Anda ikuti:

  1. Menggosok gigi secara teratur sehabis makan dan sebelum tidur;
  2. Hindari makanan yang bersuhu ekstrim, terlalu panas atau terlalu dingin;
  3. Segera tambal gigi yang berlubang;
  4. Membatasi makanan yang terlalu manis dan lengket seperti coklat, gula dan permen;
  5. Periksa gigi paling tidak 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Demikian tadi beberapa cara mengatasi sakit gigi dengan berbagai cara, mudah-mudahan bisa bermanfaat.