Manfaat Daun Sirih Sebagai Obat Tradisonal

Manfaat daun sirih sangat beragam karena dalam daun sirih terdapat kadungan-kandungan senyawa yang dapat atau cocok sekali digunakan sebagai pengobatan. Misalnya mengatasi diabetes, keputihan dan jerawat. Sirih merupakan tanaman asli Indonesia dengan cara tumbuh dengan merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya masyarakat Indonesia pun daun dan buahnya biasa dimakan dengan cara dikunyah serta ditambahkan gambir, pinang dan kapur.

Manfaat Daun Sirih Untuk Penderita Diabetes Militus

Manfaat daun sirih sebagai upaya pencegahan diabetes militus. Diabetes militus termasuk penyakit ganas. Penyakit ini biasanya menimpa orang-orang yang sudah tidak dapat memproduksi insulin sesuai dengan porsi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan insulin, menyebabkan  kadar sukrosa dalam tubuh kurang sehingga tidak dapat diproses secara maksimal. Penyakit ini biasanya ditandai dengan mudah lapar dan haus, sering ke kamar mandi, proses penyembuhan luka lama. Dalam pengobatannya suntik insulin adalah pilihan para penderita diabetes militus yang paling populer. Padahal cara ini belum tentu efektif dan memakan biaya yang cukup besar. Sementara obat-obat herbal seperti daun sirih dapat dimanfaatkan sebagai ganti suntik insulin.

Daun sirih mengandung senyawa-senyawa tannin, alkaloid, saponin dan flavonoid. Aktivitas dari senyawa-senyawa ini dapat membantu kadar glukosa dalam darah. Kandungan dark tannin dan saponin berperan untuk memerangi virus dan bakteri. Ekstrak daun sirih sangat aman untuk konsumsi walau jangka panjang sekalipun. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih, bisa dilakukan dengan cara : cuci sampai bersih daun sirih 200 g, masak dengan air rebus 1 liter air, lalu rebus hingga benar-benar mendidih sehingga tertinggal hanya 100 ml air rebusan sirih, saring dan minumlah air ini sebagai pengobatan untuk diabetes militus.

Baca:

Manfaat Daun Sirih Untuk Gangguan Keputihan Dan Menghilangkan Jerawat

Dengan manfaat daun sirih yang sangat banyak sekali, membuat tanaman ini menjadi tanaman herbal yang paling diminati dan dijadikan sebagai pelengkap sebagai pengobatan tradisional. Tanaman sirih memiliki 2 jenis yaitu sirih hijau dan sirih merah. Dari kedua varian sirih ini, yang paling manjur dijadikan obat adalah jenis sirih merah dibandingkan dengan sirih hijau, lebih-lebih bila pemanfaatan daun sirih digunakan sebagai obat / terapi mengatasi keputihan. Keputihan adalah gangguan yang hanya dialami oleh wanita saja, keputihan di tandai dengan keluarnya cairan bening keputihan yang berbau kurang sedap di daerah kewanitaannya. Hal ini tentu sangat mengganggu kaum wanita dalam beraktifitas.

Anda kaum wanita dapat membuat ramuan tradisional untuk mengatasi hal seperti dengan menggunakan daun sirih. Manfaat daun sirih yang mengandung anti septik ini dapat membantu. Caranya adalah sebagai berikut : rebuslah air, tambahkan beberapa lembar daun sirih, kemudian air rebusan ini gunakan untuk membersihkan daerah intim anda, lakukanlah hal ini setiap hari dan berulang-ulang sampai nampak hasilnya. Jika anda berniat untuk sekalian mengatasi masalah dengan jerawat, daun sirih juga dapat digunakan. Baca artikel tentang Tips Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita

Dibandingkan dengan produk-produk kecantikan yang ada sekarang, manfaat daun sirih lebih ampuh untuk menghilangkan masalah jerawat. Jerawat adalah masalah terbesar yang dihadapi terutama para remaja lebih-lebih yang wanita. Jerawat ini menyebabkan rasa kurang percaya diri dan minder. Antiseptik yang terkandung dalam daun sirih dapat mencegah peradangan dan mempercepat mengempeskan jerawat, bahkan tidak menimbulkan bekas noda, caranya adalah dengan merebus air yang telah diisi oleh daun sirih yang telah dicuci bersih. Lalu basuhkan ke muka dua kali sehari secara rutin, lakukan sampai hasilnya nampak.