Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Manfaat jahe tidak hanya dikenal sebagai penghangat tubuh ataupun digunakan sebagai bumbu dalam sebuah masakan, jahe juga di gunakan sebagai obat herbal yang memiliki khasiat.

Jahe merupakan tanaman yang berkembang biak dengan rimpang yang berbentuk jari jemari yang menggembung pada bagian ruas tengahnya.  Tanaman ini dapat tumbuh sepanjang tahun pada daerah wilayah Indonesia, India, Cina, Afrika Barat, Karibia dan Asia Barat. Tanaman yang memiliki nama latin Zingiber Offcinale ini sering digunakan sebagai rempah-rempah ataupun sebagai obat-obatan. Selain itu jahe juga sering digunakan sebagai bahan utama minuman hangat ataupun berbagai jenis makanan seperti dodol jahe, selai jahe ataupun permen jahe. Tentunya inisiatif mengolah jahe menjadi berbagai macam bentuk kreasi didasari oleh manfaat jahe yang melimpah. Selain itu adanya khasiat jahe bagi kesehatan, dengan demikian jahe tidak hanya sekedar bahan pelengkap sebuah masakan. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui khasiat jahe selengkapnya

6 Manfaat Jahe Yang Perlu Diketahui

Jahe memang merupakan rempah-rempah yang sering digunakan dalam sebuah bumbu masakan yang memiliki citarasa keras, pedas dan sifatnya bisa menghangatkan jika di konsumsi. Tidak heran jika negara barat yang memiliki musim dingin membutuhkan salah satu rempah-rempah ini. Selain menghangatkan tubuh ternyata bisa diungkap manfaat jahe lainnya. Pertama, bisa anda ketahui pada komposisi obat-obat untuk menghindari mabuk perjalanan. Tentunya salah satu bahan yang terkandung dalam obat tersebut adalah jahe. Hal itu dikarenakan jahe mampu mencegah terjadinya mabuk perjalanan. Tidak hanya itu jahe juga berkhasiat sebagai obat peringan rasa morning sick seperti mual dan ingin muntah pada wanita hamil.

Kedua, manfaat jahe selanjutnya adalah  sebagai obat penghilang rasa sakit yang cukup efisien. Selain itu , jahe juga terkandung anti inflamasi atau anti pembengkakan.  Rasa sakit yang bisa di obati oleh jahe adalah rasa sakit yang disebabkan luka atau infeksi. Selain itu penyakit rematik juga dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi jahe secara teratur. Ketiga, khasiat jahe juga terbukti ampuh untuk mengurangi rasa sakit saat terjadi kram pada wanita yang sedang menstruasi. Anda bisa menggunakan parutan jahe yang ditempelkan pada perut saat menstruasi. Sedangkan orang cina menggunakan campuran jahe pada teh yang ditambah dengan gula merah yang juga di konsumsi oleh wanita yang sedang kram menstruasi.

Keempat, manfaat jahe lainnya adalah menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Manfaat jahe satu ini mampu secara efektif mengurangi kadar kolesterol dengan cara mengkonsumsi jahe secara teratur. Selain itu juga akan mendapat keuntungan mengkonsumsi jahe yaitu anda akan terhindar terkena serangan jantung dan juga pembekuan darah pada jantung. Hal itu disebabkan jantung memiliki keunikan sifat yang mampu mengencerkan dan membersihkan darah.

Jahe yang di buat ekstrak jahe ternyata juga memiliki manfaat jahe yang perlu anda ketahui. Kelima, ekstrak jahe mampu menghambat perkembangan berbagai sel kanker. Salah satunya adalah sel kanker payudara, sel kanker ovarium, dan sel kanker lambung. Tidak hanya itu jahe juga bisa menghentikan penyebaran sel kanker kulit, kanker leukemia dan juga kanker paru-paru

Manfaat jahe selanjutnya adalah mengenai dengan masalah pencernaan dan perut anda. Keenam, jahe akan membuat makanan yang anda konsumsi lebih mudah dicerna oleh tubuh anda. Jahe tersebut mempunyai khasiat untuk melakukan pembersihan pada usus besar, memperlancar buang air besar dan menambah jumlah produksi cairan pencernaan. Disisi lain, jahe juga mengandung kandungan analgesic atau obat penenang. Dengan demikian, jahe sangat cocok dikonsumsi saat anda mengalami sakit perut, ataupun dispepsia/ kolok ataupun diare.

Baca juga artikel lainnya terkait dengan manfaat jahe: