Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak tahu dengan tumbuhan kedelai. Kedelai biasanya dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat tempe dan tahu. Selain untuk membuat tempe dan tahu, kedelai juga di olah menjadi susu kedelai. Kedelai mengandung banyak sekali nutrisi bagi tubuh seperti protein, kalsium, zat besi, vitamin b12 dan riboflavin. Ada banyak sekali manfaat susu kedelai untuk tubuh. Susu kedelai ini sekarang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat. Untuk membuatnya sendiri pun sangat mudah. Pada kesempatan ini, kita tidak akan membahas bagaimana cara membuat susu kedelai. Tetapi kita akan membahas apa saja manfaat susu kedelai bagi kesehatan.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat susu kedelai yang pertama adalah membantu menurunkan berat badan. Susu kedelai mengandung lebih rendah gula dibandingkan dengan susu sapi pada umumnya. Pada susu sapi kandungan gulanya kurang lebih sebesar 12 gram di setiap gelasnya sedangkan susu kedelai hanya mengandung 7 gram gula dalam satu gelasnya. Kandungan lemak tak jenuh pada susu kedelai juga dapat membantu mencegah penyerapan lemak pada usus. Sehingga akan membuat tubuh anda tetap mempunyai berat badan yang ideal. Susu kedelai sangat cocok untuk anda yang sedang dalam proses diet.

Baca:

Mencegah Penyakit Kolesterol

Dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat membantu mencegah penyakit kolesterol dalam tubuh anda. Susu kedelai tidak mengandung lemak jenuh yang tinggi dan juga tidak mengandung kolesterol. Bagi anda yang mempunyai penyakit kolesterol dan terhindar dari penyakit kolesterol, anda bisa mengkonsumsi susu kedelai ini setiap hari. Konsumsi susu kedelai secara rutin dapat menurunkan kadar lemak jahat (LDL)  dan dapat menaikkan lemak baik (HDL) dalam darah. Selain dapat mencegah kolesterol, susu kedelai juga dapat mengurangi terkena resiko serangan jantung. Manfaat susu kedelai ini sangat bagus untuk anda dan seluruh keluarga anda. Baca juga artikel tentang Cara Menurunkan Kolesterol

Memperkuat Pembuluh Darah

Manfaat susu kedelai yang selanjutnya adalah dapat memperkuat pembuluh darah dalam tubuh. Susu kedelai mengandung lemak nabati yaitu omega 6 dan omega 3 yang sangat bagus untuk memperlancar pembuluh darah dalam tubuh. Omega 3 dan omega 6 ini dapat memperkuat pembuluh darah dan terhindar dari luka. Selain itu juga dapat membantu melindungi jaringan yang dilewati oleh pembuluh darah dari timbunan kolesterol dan radikal bebas yang tidak baik untuk tubuh. Adanya kedua lemak nabati itu dalam kandungan susu kedelai juga dapat membantu mengalirkan darah dalam tubuh dengan lancar.

Mencegah Post Menopouse

Manfaat susu kedelai yang terakhir adalah mencegah post menopause. Pada masa-masa mendekati menopause, produksi hormone estrogen dalam tubuh wanita akan semakin menurun. Hal inilah yang mengakibatkan banyak gangguan kesehatan yang muncul di masa tua. Wanita yang sudah memasuki masa menopause akan lebih mudah terserang penyakit diabetes, darah tinggi, liver dan masih banyak lainnya. Selain  itu wanita yang akan memasuki masa menopause juga akan lebih rentang terkena insomnia, perubahan mood yang drastis, dan gangguan psikologi lainnya. Dengan konsumsi susu kedelai secara rutin, akan mengurangi gejala-gejala menopause yang sering terjadi.

Itulah beberapa manfaat susu kedelai bagi tubuh. Tetapi ada beberapa kekurangan susu kedelai ketika di konsumsi setiap harinya. Susu kedelai mengandung antinutriens yang berfungsi sebagai racun alami. Dari beberapa penelitian juga dikatakan bahwa kedelai dapat mengakibatkan kanker payudara, kelainan pada otak dan lain sebagainya. Oleh karena itu konsumsi susu kedelai secara bijak dan teliti. Setiap hal yang mempunyai manfaat akan terdapat sedikit kekurangan. Ketika membuat susu kedelai juga harus diperhatikan untuk menghilangkan kandungan-kandungan yang berbahaya tersebut. Baca juga Cara Membuat Susu Kedelai Dengan Mudah