Penyebab dan Cara Mengatasi Asam Lambung Secara Alami

Asam lambung yang tinggi dapat menyebabkan maag dan rasa sakit atau nyeri di bagian dada atau rasa terbakar di bagian ulu hati. Tentu saja Anda harus tahu cara mengatasi asam lambung agar tidak bertambah parah. Untuk mengatasi maag karena asam lambung tinggi biasanya orang langsung minum obat-obat manufaktur yang dijual bebas, tetapi sebetulnya ada obat tradisional yang bisa dicoba untuk mengatasi sakit ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Asam LambungĀ 

Asam lambung yang tinggi bisa menyebabkan sakit maag dan umumnya terjadi ketika orang telat makan atau sedang berpuasa. Tetapi ada faktor-faktor lain mengapa asam lambung bisa naik, yaitu:

  • Badan gemuk, orang yang berbadan gemuk memiliki tekanan lebih tinggi di dalam perut dibandingkan dengan orang dengan badan ideal.
  • Sering mengonsumsi kopi, alkohol, cokelat, dan hobi merokok.
  • Hamil karena ada perubahan hormon.
  • Banyak mengonsumsi makanan berlemak.
  • Penyakit hernia hiatus yang menyebabkan lambung terdorong sampai melewati diafragma.

Masih ada banyak lagi faktor-faktor yang menyebabkan asam lambung bisa naik. Lalu sekarang, bagaimana cara mengatasi asam lambung secara tradisional?

  1. Baking soda

Baking soda berguna untuk menetralisir asam lambung dan Anda cukup mencampurkan segelas air dengan setengah sampai satu sendok baking soda, kemudian diminum. Tetapi jika asam lambung Anda naik terlalu sering, sebaiknya cari cara mengobati yang lain karena baking soda ini mengandung garam yang bisa membuat mual dan muntah.

  1. Jahe

Jahe memang baik untuk mengatasi asam lambung yang tinggi, namun harus dilakukan dengan takaran yang benar karena jika berlebih maka justru membuat sakit nyeri asam lambung tambah parah. Jadi jangan konsumsi jahe lebih dari 2 sampai 4 gram dalam sehari. Cara paling mudah untuk menggunakan jahe adalah dengan memakainya sebagai bumbu masakan pada makanan yang beresiko meningkatkan asam lambung.

  1. Permen karet

Menurut sebuah penelitian, mengunyah permen karet selama 30 menit dapat mengurangi keluhan asam lambung. Mengapa? Karena mengunyah permen karet dapat membuat produksi air liur meningkat, selanjutnya asam yang terakumulasi di perut bisa tercuci dan bersih dengan cepat. Saat asam tersebut hilang, maka gejala asam lambung akan berkurang.

  1. Lidah buaya

Anti-inflamasi yang ada di dalam lidah buaya sangat efektif sebagai cara mengatasi asam lambung kambuh, lidah buaya ini berguna untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Caranya adalah dengan mengonsumsi setengah gelas lidah buaya sebelum makan. Sayangnya, meminum jus lidah buaya dapat meningkatkan frekuensi BAB.

  1. Pisang

Buah satu ini berguna sebagai antasida alami yang melapisi saluran cerna serta dinding perut agar tidak mudah iritasi akibat asam lambung. Tetapi, ada beberapa kasus dimana buah ini tidak cocok digunakan untuk mengatasi semua gangguan asam lambung. Sebagai saran, jika sesudah makan pisang tetapi tidak terjadi perubahan, maka sebaiknya tak perlu dilanjutkan.

Obat untuk mengatasi asam lambung yang lain juga ada, seperti:

  • Antasida, obat ini bisa dibeli di apotek dan berguna untuk menetralisir asam lambung.
  • Alginat, obat ini diminum setelah makan.
  • Prokinetik, obat ini berguna untuk mengosongkan perut secara cepat.
  • Operasi, jika cara-cara di atas dan juga obat apotek sudah tidak bisa mengatasinya.

Itulah beberapa cara mengatasi asam lambung yang dapat Anda lakukan, jika asam lambung tidak sembuh-sembuh maka sebaiknya segera cek ke dokter.