Penyebab dan Cara Mengatasi Darah Rendah

Pernahkah Anda merasa bahwa Anda merasakan sakit pada kepala dan pusing yang berlebihan, selain itu leher Anda merasa tegang dan kaku. Jika Anda merasakan gejala tersebut kemungkinan Anda bisa terserang penyakit darah tinggi atau darah rendah. Jika Anda terkena darah rendah, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat menaikkan tekanan darah Anda dengan asupan makanan yang bergizi. Namun bukan berati Anda bisa menyepelekan darah rendah. Cara mengatasi darah rendah perlu diketahui agar Anda mendapatkan pertolongan pertama ketika mengalami serangan darah rendah.

Penyebab dan Cara Mengatasi Darah Rendah Agar Normal

Penyebab darah rendah bagi mereka yang menderita darah rendah biasanya adalah terlalu lelah atau kecapekan. Biasanya tekanan darah akan mencapai 90 untuk tekanan sistolik dan 60 untuk tekanan diastoliknya. Tentu saja hal tersebut akan berpengaruh pada aktifitas fisik seseorang. Karena mereka akan merasakan kelelahan yang luar biasa.

Namun, gejala darah rendah dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk menaikkan kembali tekanan darah hingga batas normal. Cara mengatasi darah rendah dengan mengkonsumsi makanan merupakan salah satu cara untuk menaikkan tekanan darah. Beberapa makanan untuk penderita darah rendah adalah:

  1. Konsumsi kacang-kacangan

Bagi Anda penderita darah rendah lebih baik untuk mengkonsumsi kacang-kacangan. Menurut penelitian kacang-kacangan merupakan cara mengatasi darah rendah yang baik karena kacang-kacangan dicerna secara lambat sehingga dapat menaikkan tekanan darah. Masukkan kacang-kacangan ke dalam menu Anda sehari-hari seperti kacang merah, kacang hijau, buncis dan berbagai jenis kacang-kacangan yang lain.

  1. Konsumsi air putih yang cukup

Untuk menaikkan tekanan darah, cara mengatasi darah rendah adalah dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Tekanan darah rendah bisa disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh. Oleh karena itu, cairan yang cukup akan membantu untuk menaikkan tekanan darah seseorang.

  1. Konsumsi daging atau hati ayam

Keunikan mereka yang menderita darah rendah adalah mereka dapat mengkonsumsi daging bahkan hati ayam. Anda dapat mengkonsumsi daging atau hati ayam dengan rasa yang sedikit asin. Hal ini karena penyebab darah rendah salah satunya adalah kandungan garam di dalam darah sedikit. Sehingga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi daging atau hati ayam atau makanan yang mengandung garam. Baca juga artikel sebelumnya tentangĀ Cara mengatasi darah tinggi dengan alami.

  1. Roti serta sereal

Makanan yang mengandung gandum seperti roti atau sereal dapat membantu Anda untuk mengatasi tekanan darah rendah. Anda bisa memasukkan gandum ke dalam menu Anda sehari-hari. Cara mengatasi darah rendah dengan cara yang enak namun sehat ini bisa Anda terapkan pada menu sehari-hari.

  1. Minumlah kopi

Mencegah tekanan darah rendah bisa dilakukan dengan mengkonsumsi kopi. Tekanan darah rendah dapat dinaikkan dengan mengkonsumsi 1 sampai dengan 2 gelas kopi dalam sehari. Namun, yang perlu diingat adalah untuk tidak mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang berlebihan karena dapat berpengaruh terhadap kesehatan jantung.

Demikianlah beberapa cara mengatasi darah rendah yang bisa dilakukan dalam rangka menaikkan serta mencegah darah rendah kembali. Penderita darah rendah masih bisa mengkonsumsi makanan bergizi untuk menaikkan tekanan darahnya, hanya dalam satu catatan kecil yaitu tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Karena sesuatu yang berlebihan juga tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Makan-makanan yang bergizi dan cukupi kebutuhan zat besi sehari-hari, maka Anda akan terhindar dari tekanan darah rendah. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengatasi tekanan darah rendah yang dihadapi. Salam hidup sehat.