Penyebab dan Cara Menghilangkan Uban

Saat seseorang sudah mulai menua, maka tanda-tanda penuaan akan muncul satu persatu dan kita sering kali tidak bisa menghindarinya. Tanda-tanda munculnya hari tua yang menghampiri kita yang pasti akan kita temui adalah adanya uban di kepala. Jika pigmen hitam pada rambut telah habis, maka rambut yang tumbuh akan berganti dengan warna putih. Tidak hanya pada orang tua saja, namun kini juga banyak kita lihat anak muda yang telah memiliki banyak uban di kepala. Namun, beberapa tips cara menghilangkan uban bisa kita lakukan untuk melenyapkan uban dan menggantikannya dengan rambut yang hitam legam.

Penyebab dan Cara Menghilangkan Uban Yang Ampuh

Uban yang tumbuh di kepala memang sangat mengganggu penampilan, dan bahkan bisa membuat kita terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Namun, ada cara ampuh menghilangkan uban yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Sebelum kita membahas tentang cara menghilangkan uban, ada baiknya jika kita mengetahui apa yang menjadi penyebab tumbuhnya uban di kepala.

  1. Faktor genetik

Uban yang tumbuh di kepala, bisa disebabkan oleh faktor genetik. Jika Anda memiliki orang tua yang beruban saat usia masih muda, maka ini akan berlaku juga pada Anda. Cara menghilangkan uban karena faktor genetik ini sangat sulit, bahkan belum ada yang tahu dengan apa dapat tangani. Namun, Anda bisa mencoba untuk selalu memperlakukan rambut dengan baik sehingga uban tidak akan datang dalam waktu yang cepat.

  1. Stres

Stres bisa menyerang siapa saja. Bahkan pada remaja di usia sekolah, dan kuliah sangat memungkinkan untuk stres karena tuntutan pelajaran yang sangat sulit. Cara menghilangkan uban di usia dini bisa Anda lakukan agar rambut kembali hitam. Sebaiknya Anda segera mengatasi stres dengan melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang menenangkan sehingga bisa terlepas sejenak dari masalah. Baca 10 Cara Menghilangkan Stres Secara Alami

  1. Kekurangan vitamin

Uban yang bermunculan juga bisa disebabkan karena Anda kekurangan vitamin. Cara menghilangkan uban karena kekurangan vitamin bisa segera di atasi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin.

  1. Asap rokok

Asap rokok bisa menjadi salah satu penyebab rusaknya rambut sehingga tumbuhlah rambut uban. Namun, dengan menggunakan ramuan tradisional menghilangkan uban, Anda dapat mengatasinya sehingga rambut yang beruban dapat tergantikan dengan rambut hitam. Anak muda yang merokok dapat mengalami tumbuhnya uban pada usia dini.Ini dikarenakan oleh asap yang mulai merusak jaringan rambut. Cara menghilangkan uban bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami. Baca juga Inilah Tips Cara Berhenti Merokok Total

Cara Mengatasi Uban di Kepala Dengan Bahan Alami

Karena uban bisa menyebabkan rasa gatal dan mengganggu penampilan, maka ada baiknya jika Anda segera mengatasinya dengan bahan-bahan alami berikut ini:

  1. Kemiri

Ramuan tradisional menghilangkan uban telah dikenal sejak jaman dulu. Selain dapat menyuburkan rambut, kemiri juga dapat membuat rambut Anda hitam legam. Cara menghilangkan uban dengan kemiri sangat mudah, bakarlah kemiri hingga tercium aroma gurih dan agak gosong. Tumbuklah hingga kemiri mengeluarkan minyak. Kemudian gunakan minyak tersebut untuk rambut Anda setiap hari.

  1. Daun rambutan

Anda mungkin sudah tahu bahwa daun rambutan bisa digunakan untuk menghilangkan uban secara cepat. Namun bagi beberapa orang yang belum tahu, Anda bisa membaca tips menghilangkan uban dengan menggunakan rambutan ini. Caranya adalah ambil daun rambutan secukupnya kemudian dilembutkan dengan mencampurkan sedikit air. Gunakan air sari daun rambutan ini untuk masker rambut. Diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih.

Cara menghilangkan uban di atas dapat Anda praktekkan sendiri di rumah, lakukan secara teratur agar Anda mendapatkan hasil yang memuaskan. Selamat mencoba.