Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan mungkin bukan penyakit yang terlalu serius dan bahkan bisa sembuh dengan sendirinya. Tetapi, tentu sakit ini membuat Anda tidak nyaman dalam beraktivitas. Cara mengobati radang tenggorokan dapat dilakukan secara alami tanpa perlu obat-obatan dari apotek atau dokter. Anda bahkan bisa menemukan bahan-bahan alami tersebut secara mudah.

Penyebab Dan Gejala Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan terjadi biasanya disebabkan oleh beban atau kerja yang berlebih pada pita suara. Hal ini menyebabkan adanya peradangan pada pita suara. Kondisi ini bisa terjadi, misal karena sering berteriak, sering mengonsumsi makanan pedas dan manis, bernyayi tanpa istirahat, bicara seharian penuh, dan sebagainya.

Radang tenggorokan ini disebabkan juga oleh bakteri yang disebut streptococcus dimana bisa menular melalui udara saat orang bersin atau batuk. Selain itu, juga bisa menyebar melalui makanan dan minuman serta benda-benda lain yang terkena bakteri. Penyebab-penyebab lain mengapa bisa terjadi radang tenggorokan seperti:

  • Alergi
  • Penyakit seperti flu, batuk, sesak napas, dan cacar air.
  • Polusi udara.
  • Udara kering, dsb.

Gejala radang tenggorokan:

  • Tenggorokan sakit.
  • Susah menelan bahkan air liur.
  • Amandel bengkak dan warnanya jadi merah.
  • Muncul bintik merah kecil lebih dari 1 di atap mulut.
  • Kelenjar getah bening pada leher membengkak.
  • Badan lelah, demam, dan sakit kepala.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Berikut beberapa cara mengobati radang tenggorokan dengan cepat yang bisa Anda lakukan, seperti:

  1. Madu dengan lemon: Gunakan kombinasi madu dan lemon ini untuk mengobati radang tenggorokan Anda. Madu digunakan karena terdapat kandungan anti-bakterial sedangkan lemon efektif dalam mengatasi radang tenggorokan.
  2. Bawang putih: Bumbu dapur ini mempunyai zat anti bakteri yang disebut allicin yang berguna dalam mengatasi radang tenggorokan. Tinggal kunyah saja bawang putih yang masih mentah dan diamkan beberapa menit dalam tenggorokan. Setelah itu, berkumurlah dengan air hangat. Anda juga bisa minum teh jahe atau campuran madu dan lemon sesudahnya.
  3. Jahe: Seduhlah teh jahe untuk mengurangi rasa sakit akibat radang tenggorokan karena terdapat kandungan anti-inflamasinya yang dapat membunuh bakteri jahat di dalam tubuh serta kandungan zingiberin pada jahe membantu meningkatkan sirkulasi darah dan juga menghilangkan racun di tubuh. Selain teh jahe, teh chamomile yang ditambah dengan sedikit madu juga berguna sebagai cara mengobati radang tenggorokan yang ampuh.
  4. Buah belimbing: Buah ini punya khasiat sebagai anti-radang yang efektif mengobati sakit tenggorokan. Tinggal konsumsi saja buahnya secara langsung atau jika ingin lebih segar bisa dibuat jus tanpa perlu ditambah gula.
  5. Air garam: Air yang ditambah garam dapat meredakan panas dalam sekaligus sakit tenggorokan. Garam juga dapat membersihkan lendir yang ada dalam tenggorokan dengan anti-septiknya. Cukup tambahkan setengah sendok garam ke dalam segelas air hangat, aduk hingga tercampur rata. Gunakan air tersebut untuk berkumur 3 kali dalam sehari. Setelah itu buat air garam yang baru dan minumlah air tersebut, ingat untuk tidak meminum air bekas buat berkumur tadi.
  6. Daun kemangi: Rebuslah daun kemangi sampai mendidih dan minim saat hangat atau bisa dengan berkumur dengan air daun kemangi untuk mudahnya.

Saat sedang sakit tenggorokan lebih baik gunakan masker agar tidak menulari orang lain dan bakteri menyebar. Itulah beberapa cara mengobati radang tenggorokan yang bisa Anda coba di rumah.