Resep Cara Membuat Lontong Plastik yang Praktis

Ingin membuat lontong yang enak? Simak cara membuat lontong berikut ini. Lontong adalah salah satu makanan dari olahan beras. Jika beras dimasak biasanya akan menjadi nasi yang pulen dan empuk. Untuk membuat lontong, cara memasaknya berbeda dengan cara memasak nasi. Pembuatan lontong ini sedikit lebih rumit dibanding harus memasak nasi biasanya. Namun rasa yang dihasilkan tentunya berbeda. Tekstur lontong yaitu kenyal, empuk dan tentunya enak. Lontong sendiri sering disajikan dengan sayur berkuah, pecel, sate dan lain sebagainya. Makanan yang satu ini memang enak dan nikmat.

Cara membuat lontong sendiri cukup bervariasi, terutama untuk pembungkusnya. Diantaranya yaitu ada yang menggunakan daun pisang, alumunium foil dan juga plastik. Untuk cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan plastik. Jika dibandingkan dengan daun pisang dan alumunium foil, plastik adalah bahan yang mudah ditemukan. Tidak heran jika lebih banyak orang yang membuat lontong plastik. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara membuat lontong plastik, silahkan baca resep berikut ini.

Resep Cara Membuat Lontong Plastik

Untuk membuat lontong plastik memang lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan daun pisang ataupun alumunium foil. Plastik sendiri dapat Anda temukan dengan mudah di toko sembako. Yang jelas, cara membuat lontong bungkus plastik lebih sederhana saat mengemasnya dibanding harus menggunakan daun pisang. Jika menggunakan daun pisang, Anda juga harus menyiapkan lidi untuk menyematkan daun pisang tersebut. Sedangkan untuk lontong plastik Anda tidak membutuhkannya. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin membuat lontong yang praktis Anda dapat membuat lontong plastik.

Bahan-bahan untuk membuat lontong plastik:

  • Beras putih ¼ kg
  • Plastik ukuran ¼ kg secukupnya
  • Tusuk gigi secukupnya
  • Air bersih

Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut Anda dapat mengikuti resep cara membuat lontong berikut:

  1. Cuci beras

Cuci beras putih yang telah Anda siapkan sampai bersih. Setelah bersih, tiriskan beras tersebut sampai airnya hilang atau kesat.

  1. Siapkan plastik

Selanjutnya, siapkan plastik yang akan Anda gunakan untuk membuat lontong plastik. Berbeda dengan cara membuat lontong daun pisang yang langsung membungkusnya saja. Jika Anda menggunakan plastik sebagai pembungkus maka Anda perlu membuat lubang. Lubang ini akan menjadi pintu keluar masuk air untuk membuat lontong. Jadi, Anda harus menusuk-nusuk plastik menggunakan tusuk gigi yang Anda siapkan. Berikan beberapa tusukan, jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Selain itu, jaraknya juga tidak boleh terlalu dekat atau terlalu jauh.

  1. Isi plastik

Isi plastik yang sudah Anda siapkan tersebut menggunakan beras yang sudah Anda tiriskan. Isi 1/3 bagiannya saja, jangan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Jika terlalu sedikit maka pembuatan lontong dapat menjadi gagal. Sedangkan jika terlalu banyak beras, maka lontong akan keras dan kurang nikmat.

  1. Tutup plastik

Cara membuat lontong selanjutnya yaitu tutup plastik. Caranya cukup mudah yaitu dengan memanfaatkan api lilin. Sulut ujung plastik agar plastik tertutup rapat, jangan membakarnya. Cukup mendekatkan plastik di pinggir api kemudian berikan tekanan agar plastik menutup rapat.

  1. Masak lontong

Resep yang terakhir yaitu siapkan panci untuk merebus lontong. Masukkan kemasan plastik berisi beras kedalam panci tersebut. Tuang air sampai menutupi kemasan plastik tersebut. Rebus lontong plastik ini selama 2 sampai 3 jam dengan menggunakan api besar. Setelah itu, Anda dapat meniriskannya dan lontong siap dihidangkan.

Iris lontong dan buang plastiknya, sajikan lontong dengan makanan pendamping seperti opor ayam dan lain sebagainya. Demikian resep cara membuat lontong yang mudah dan praktis menggunakan pembungkus plastik.